Pos Ranting PAC Ormas PP di Kota Sukabumi Diduga Dibakar Orang Tidak Dikenal Pada Dini Hari

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Cibeureumhilir Kota Sukabumi dikejutkan dengan adanya Pos ranting Pengurus Anak Cabang (PAC) Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi terbakar, yang berada di Jalan Ciandam Rt 02/06, Kelurahan Cibeureumhilir, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, oleh Orang Tidak Dikenal (OTK), Rabu dini hari (21/6/23).

Ketua PAC PP Kecamatan Cibeureum, Sarif Hidayat mengaku mendapatkan kabar dibakarnya Pos PP Ranting Cibeureum tersebut dari anggotanya sekitar pukul 08.00 WIB. “Saya dapat kabar tadi jam 08.00 WIB dari anak-anak bahwa, Pos PP ranting Cibeureum ada yang ngebakar. Sekitar jam 3 (dinihari) udah nyala,” kata Syarif kepada wartawan.

Menurutnya, api saat itu membakar area dalam pos hingga akhirnya dapat dipadamkan oleh warga yang melihat kejadian tersebut. Akibat kejadian ini, kata dia, barang-barang yang ada di dalam pos seperti bangku meja hangus terbakar. “Tidak tahu siapa pelakunya karena memang belum ada saksi yang kuat. Sementara kita hanya menunggu dulu lah, karena memang pihak Kepolisian (Polsek) Cibeureum sudah merapat ke sini,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya menduga pembakaran pos tersebut merupakan buntut dari penonaktifan 2 orang pengurus PAC Cibeureum berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh majelis pimpinan Cabang Kota Sukabumi. “Kronologis ketika adanya penonaktifkan wakil ketua I dan wakil ketua II dari MPC pada 17 Juni 2023. Malamnya sekitar pukul 22.30 WIB kaca sekertariat PAC ada yang memecahkan,” ungkap Syarif.

Menurutnya, puncaknya sekarang tanggal 21 ada kejadian lagi Pos PP ranting Cibeureum dibakar atau kebakaran.
Syarif mengatakan pihaknya sudah melaporkan rentetan peristiwa tersebut kepada MPC Kota Sukabumi. Terkait kejadiannya, dia menyerahkan penanganannya kepada pihak kepolisian.
“Informasi ini saya udah laporan ke ketua bahwa, ini udah menyangkut harga diri dan marwah PP. Bukan lagi pribadi,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo setelah dikomfirmasi awak media mengatakan bahwa Pihaknya telah mengintruksikan kepada jajarannya untuk segera menyelidiki kasus tersebut. “Saya sudah intruksikan Kapolsek (Cibeureum) untuk lakukan penyelidikan,” tandasnya.

Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih mengatakan, dugaan posko PP dibakar sudah ditangani Polsek Cibeureum. Pihak kepolisian tengah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi. “Polsek Cibeureum sudah terima laporannya, sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan kasus ini masih dalam proses penyelidikan,” ujarnya.