Desa Ciramagirang Kembangkan Ketahanan Pangan Dalam Bidang Ternak Bebek

Ekonomi dan Bisnis Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGANMID – Desa Ciramagirang kecamatan Cikalong kulon kabupaten Cianjur, kembangkan peternakan bebek untuk mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat.

Sebanyak 450 ekor bebek yang di kelola oleh kelompok Sauyunan, di kampung Sindangsari Rt 04 Rw 01 Desa Ciramagirang kecamatan Cikalong kulon, yang nantinya tidak hanya sekedar usaha yang ada di wilayah Desa Ciramagirang, melainkan untuk meningkatkan PAD Desa.

Kepala Desa Ciramagirang Sulaeman menjelaskan, bahwa program ketahanan pangan di Desa ciramagirang, adalah untuk mengembangkan perekonomian Desa dan menambah PAD Desa ciramagirang untuk kedepanya,” jelasnya Senin (8/5/23).

“Menurutnya usaha pengembangan ternak bebek, memiliki potensi yang cukup bagus, selain mendukung program ketahanan pangan bisa juga mengembangkan perekonomian masyarakat dalam bentuk peternakan bebek, untuk telurnya sendiri tidak susah memasarkannya, karena masyarakat pun banyak yang membutuhkan, apalagi tengkulak di pasar terdekat,” katanya.

Untuk harga telur per butir kami jual dengan harga Rp 2100/butir, namun kalau untuk telor asin bisa mencapai Rp 3500/butir, untuk telor asin yang menjadi kendalanya adalah tenaga ahli, karena cara pengolahanya harus benar benar orang yang sudah ahlinya.

Pemeliharaanya tidak begitu sulit, hanya dengan makanan dedak di tambah konsetrat cukup ringan, bahkan bebek yang kami kembangkan tidak pernah di keluarkan, karena dampak nya sangat tidak bagus bagi bebek bebek yang kami kembangkan.

Maka dari itu kami berharap untuk kedepanya, Desa Ciramagirang bisa menjadi sentra penghasil bebek di kabupaten Cianjur,”pungkasnya.