Universitas Negeri Jakarta Melaksanakan KKL Di Sanggar Soca Niskala Sunda

Fokus Jabar Pendidikan Sosial

Pewarta: Feri Behjo

KAB.SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Puluhan Mahasiswa-Mahasiswi dari Fakultas Bahasa Seni dan Tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Kuliah Kerja Lapangan di Sanggar Soca Niskala Sunda dibawah Pimpinan Novianti Maulani MPD dibawah Naungan LAK Galuh Pakuan Senin (6/05/2024).

Dalam Kuliah tersebut mengusung tema “Penggalian Kekayaan Budaya Subang melalui pelatihan Tari Jaipong dan Muay Aerobik.

Aurelia Dwika Aresty ketua pelaksana KKL mengatakan Kuliah kerja Lapangan
Merupakan momentum ntuk memperoleh ilmu pengetahuan di luar kampus dimana Mahasiswa /Mahasiswi diberikan kesempatan untuk mencari pengetahuan pengalaman serta ilmu pengetahuan diluar Kampus dengan harapan kegiatan ini bisa berjalan serta tujuan manfaatnya bisa sampai kepada diri kita masing-masing.”Katanya.

Dosen Pembimbing Akademik Dr. Dwi kusumawardani MPD mengucapkan banyak Terima kasih khsusunya Kepada Raja Galuh Pakuan Rahyang Mandala jati Evi Silviadi dan Pimpinan Sanggar Soca Niskala Sunda Novianti Maulani M.pd yang sudah menerima kami dengan baik, kami selaku Dosen pembimbing menititip anak- anak kami selama belajar di sini dan semoga Kegiatan berjalan lancar dan semoga dapat berlanjut.”Ucapnya.

Novitanti Maulani M.pd pimpinan Sanggar Soca Niskala Sunda mengucapkan Selamat datang di Sanggar Soca Niskala Sunda di bawah Naungan LAK Galuh Pakuan Raja Galuh Pakuan Evi Silviadi saya ceritakan sedikit mengenai berdirinya Sanggar Soca Niskala Sunda ini,terbentuknya Sanggar Soca Niskala Sunda ini merupakan hadiah dari Raja Galuh Pakuan walaupun di rumah tapi bisa berkreatifitas dan bermanfaat untuk masyarakat dengan syarat di gratiskan.”Katanya.

Tambah Novianti sanggar ini konsisten swadaya mandiri gratis untuk semua masyarakat disini dan alhamdulillah Penari-penari jebolan dari Sanggar kami banyak mencetak prestasi baik tingkat provinsi Nasional dan Internasional.”Tambahnya

Raja Galuh Pakuan Evi silviadi menyambut hangat para Mahasiswa -Mahasiswi yang akan melaksanakan KKL di Sanggar Seni Soca Nisakala Sunda Raja Galuh Pakuan berharap para adik -adik belajar disini bisa memetik ilmu dari apa yang di ajarkan oleh para pelatih di sini.

Sedikit kami gambarkan bahwasanya tarian yang akan kita pelajari adalah tarian Rahyang Mandalajati merupakan gelar saya dan tarian Rahyang Mandalajati merupakan silsilah atau gambaran perjalanan hidup saya yang dimulai dari saya sendiri dianggap sebagai orang jahat dan di asingkan dengan sampai saya sendiri membuktikan bisa mengharumkan Nama Bangsa saya sendiri dengan mendapatkan penghargaan dari Negara sebagai Pahlawan Inovasi.

Evi menambahkan Galuh Pakuan memilik misi utama atau cita cita utama manusia Sunda yang memiliki jiwa tangguh raga nya kuat rasa nya asih. Memuliakan yang hina, mencerdaskan yang bodoh menguatkan yang lemah serta mensejahterakan yang miskin. “Dengan ilmu yang kita serap jadilah ilmu sebagai jalan menciptakan prestasi.” Tegasnya

“Dan yang terakhir anggap Kraton ini adalah rumah kalian dan saya sendiri tidak pernah membeda- bedakan disini adalah anak anak saya jangan sungkan pintu terbuka anggap rumah kalian jika kalian ada masalah di rumah di luar rumah tidak usah sungkan untuk datang kesini. ” tambahnya.