FLS2N dan O2SN Tingkat Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sumedang

Fokus Jabar Pendidikan Seni dan Budaya Sosial

Pewarta: Kusnadi

SUMEDANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Pembukaan Festival Lomba Sen Siswa Nasional dah Olimpiade olahraga nasional tingkat sekolah dasar se-kabupaten Sumedang tahun 2024 resmi dibuka oleh Sekdis Pendidikan kabupaten Sumedang Dr. Eka Ganjar Kurniawan, Senin (06/05/24) bertempat di alun alun Sumedang.

Sekdis Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka, mengatakan ini merupakan wahana akselerasi untuk mencari potensi peserta anak didik dan menjadikan momentum untuk anak anak berbakat dan berprestasi.

Festival lomba seni siswa nasional ( FLS2N) dan olimpiade olahraga nasional, untuk memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menampilkan kreatifitas dan prestasi mereka di bidang seni dan olahraga, selamat bertanding dan tetap jaga sportivitas.”Ucap Eka.

Sementara Dani Setiawan Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang sebagai penyelengara festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) dan olimpiade olahraga siswa nasional jenjang sekolah dasar tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 mengatakan kegiatan ini di ikuti kura ng lebih 1.765 peserta sekolah dasar.

Lanjut Dani, O2SN dan FLS2N diselenggarakan secara bertingkat mulai dari Kabupaten hinga Nasional, Dan ini untuk menjaring dari 26 Kecamatan se-kabupaten Sumedang menjadi perwakilan untuk tingkat provinsi Jawa barat, dengan tema merdeka berprestasi mewujudkan Sumedang sehati.”Ucapnya

“Memberikan pengalaman berkompetis peserta didik untuk mencapai sumberdaya manusia yang unggul di bidang seni dan olahraga menumbuh kembangkan etos berolahraga dan seni baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional”, Tutur Dani

FLS2N diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 2024, Cabang yang di lombakan seni tari, kriya, penyanyi solo, gambar bercerita dan pantomim bertempat di alun alun Tegal kalong, Plaza Asia dan Gedung Create Center.”Lanjut Dani.

Sedangkan untuk kegiatan O2SN dari tanggal 6 sampai 8 Mie 2024,Cabang olahraga yang di pertandingan terdiri dari atletik, renang, bulutangkis, senam karate dan pencak silat dan cabang ekspedisi tenis meja, sepak bola, bola voly, sepak takraw dan catur.” Tutur Dani.

Dani, sampaikan juga untuk pelaksanaan O2SN yaitu di lapang Cigugur, kolam renang Yonif 301,GOR Sawitri Unsap, GIM Sumedang, Gedung KGS, GOR Kopti Sumedang GOR Tajimalela Stadion Ahmad Yani, GOR Muhamadiyah dan SDN Sukaraja.

Peserta O2SN dan FLS2N merupakan peserta anak didik sekolah Dasar yang berasal dari 26 kecamatan se-kabupaten Sumedang seluruhnya berjumlah 1.765 orang terdiri dari 1.557 O2SN dan 208 FLS2N,dibawah bimbingan pelatih, para guru Kepala sekolah K3S kecamatan dan pengawas tiap kecamatan.”Pungkas Dani.