Bupati Agus Istiqlal Lantik Peratin Terpilih Antar Waktu Kota Jawa

Nasional Pemerintahan Sosial

Pewarta: Zulfikar

PESIBAR (LAMPUNG) FOKUSPRIANGAN.ID –
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., melantik Peratin Terpilih Antar Waktu Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, Hendra, S.Pd., di Balai Pekon setempat, Sabtu(20/1/2024).

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), L. Liastuti, S.Pd., M.M., para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Bangkunat, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat.

Bupati Agus Istiqlal mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih terhadap Pj. Peratin, Lembaga Himpun Pekon (LHP), dan panitia pemilihan hingga terlaksananya proses pemilihan peratin antar waktu melalui musyawarah pekon.

Bupati Agus Istiqlal mengatakan sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh pemerintahan pekon. “Dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki,” kata Bupati Agus Istiqlal.

Selain itu, lanjut Bupati Agus Istiqlal, peratin juga dituntut mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintahan pekon dengan program penerintah yang diterima pekon. “Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan,” jelas Bupati Agus Istiqlal.

Kepada peratin, Bupati Agus Istiqlal juga menekankan beberapa hal dalam penyelenggaraan pemerintahan pekon, diantaranya segera menyesuaikan diri dan bekerja dengan memahami situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat. “Selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan, dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat,” kata Bupati Agus Istiqlal.

Sebagai peratin juga harus mampu meningkatkan kapasitas SDM dan inovasi untuk menghindari persoalan, menjalin hubungan yang harmonis antara pemerintahan pekon dengan LHP. “Bekerjasamalah dengan mitra di tingkat pekon, sehingga penyelenggaraan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu pilar kokohnya dalam menentukan kemajuan pembangunan pekon,” imbau Bupati Agus Istiqlal.

Terakhir, Bupati Agus Istiqlal meminta peratin menjalankan pemerintahan pekon dengan baik, mencintai dan merangkul masyarakat dengan adil, dan istiqomah dalam menjalankan tugas. “Tentu dengan harapan Pekon Kota Jawa menjadi pekon yang maju, sejahtera, unggul, dan religius, serta mendapat keberkahan dari Allah SWT,” pungkas Bupati Agus Istiqlal

“Atasnama Pemkab Pesibar kami menyampaikan selamat atas dilantiknya peratin terlantik, yang diharapkan mampu membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di pekon, serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” tukas Bupati Agus Istiqlal.