Jelang Nataru, Polres Tasikmalaya Gelar Rakor Lintas Sektoral. Ini Kata Kapolres

Fokus Kab Tasik Sosial

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Menghadapi perayaan natal dan tahun baru, Polres Tasikmalaya menyelenggarakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 di Gedung Pertemuan Warga (GPW) Polres Tasikmalaya, Selasa (20/12/2022)

Hadir dalam kesempatan itu sejumlah perwakilan intansi, mulai TNI, Basarnas, BPBD, Tagana, Satpol PP, Kejaksaan, Pemerintah Desa di wilayah Selatan, hingga Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi, dan Asisten Daerah 1 Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Rudi Sonjaya.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Suhardi Hery Hariyanto, mengatakan Rakor tersebut, kata dia, menjadi salah satu langkah dan persiapan pengamanan natal dan tahun baru di wilayah hukum Polres Tasikmalaya. Dimana untuk wilayah, Tasikmalaya Selatan akan ditingkatkan karena selain wilayah wisata juga, diprediksi akan ada tumpukan pengunjung saat tahun baru,”ucap Kapolres.

Lanjutnya, pengamanan aktivitas masyarakat di wilayah Pantai Selatan Tasikmalaya tersebut mendapatkan sorotan. Pasalnya, kawasan pantai tersebut kerap menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat dalam merayakan liburan. Sehingga faktor keamanan, ketertiban dan keselamatan menjadi jaminan yang disiapkan.

“Pada intinya keamanan di setiap lokasi di Kabupaten Tasikmalaya sama. Akan tetapi untuk kawasan wisata keamanannya kita tingkatkan, karena menjadi pusat berkumpulnya banyak orang,”katanya.

Pihaknya juga bahkan sampai menerjunkan pasukan Dalmas hingga Brimob Polda Jabar, guna melaksanakan patroli keamanan. Sejumlah potensi seperti peredaran minuman keras hingga gesekan antar warga, menjadi perhatian penting pembahasan rakor.

Ditambahkan Kapolres, untuk pengamanan jalur khususnya dari arah Garut menuju Salawu hingga Singaparna, akan dipersiapkan Pos Terpadu. Selain mengurai bila terjadi kemacetan, juga melakukan pengamanan dari potensi bencana alam. Pasalnya jalur ini dikenal sering terjadi tanah longsor hingga menimbun badan jalan,”ujarnya.

Kapolres menambahkan, rencanaya, anggota pengamanan akan diperketat mulai dari tanggal 24 Desember 2022 dengan ditandai dengan apel pergeseran pasukan untuk pengamanan bersama tim gabungan.

Selian itu, pengamanan juga akan diperketat di pusat-pusat keramaian sepeti Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya.”Ia juga mengimbau kepada seluruh warga saat pergantian malam tahun baru lebih baik di gunakan dengan hal yang positif dengan diisi pengajian atau istigosah. (****)