Sabar Filar Kebahagian Seorang Hamba

Fokus Jabar Pendidikan Sosial

Oleh:Rahmi Nurhidayah.Siswi SMKN 1 Garut

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuniddunya waddin wassalatuwassalamu ala asrofil ambiya’i walmursalin waala alihi wasahbihi ajma in ama ba’du.

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman dan Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita terlimpah curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar” dimana kata Sabar berasal dari “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan, Menurut istilah, Sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa Sabar adalah pilar kebahagiaan seorang hamba, karena dengan kesabaran sesorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan

Sabar merupakan ajaran yang banyak sekalidisinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalan kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah: 153

yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong. Allah juga menjanjikan kedudukan yang tinggi (di surga) bagi hamba-hambanya yang senantiasa bersabar.

Garut, 03 Oktober 2022