Nikmati Alirannya Cintai Lingkungannya, Wisata Edukasi Sungai Cikalang Hadirkan Sensasi Tersendiri

Fokus Kota Tasik Pariwisata Sosial

FOKUS KOTA TASIK. (Fp) – Kondisi Sungai Cikalang yang melintas di Kelurahan Sukanagara Kec.Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami perubahan yang luar biasa. Dulu, sungai ini menjadi ajang sasaran membuang sampah sembarangan oleh oknum warga yang tdak punya kesadaran dalam hal membuang sampah, dulu sungai ini penuh sampah plastik.

Untungnya, ada sekelompok masyarakat tergabung dalam Komunitas Peduli lingkungan/sungai (MANASIX) turun tangan membersihkan sungai tersebut demi kelestarian lingkungan. Dan menyulap menjadi kawasan wisata sungai dan menjadi destinasi wisata edukasi

“Memang tak mudah membersihkan sungai ini yang penuh dengan sampah, dengan di landasi dengan keseriusan dan keikhlasan dari teman teman Manasix untuk membersihkan sungai akhirnya sungai ini bisa bersih,”ucap Asep Ugar Ketua Manasix, pada fokuspriangan, Selasa (04/02/20).

Karena itu, lanjut Asep Ugar, komunitas Manasix menginisiasi pengembangan wisata arung jeram dan Alhamdulilah masyarakat sekitar sangat mendukung dengan kegiatan kami. Diakui, menyusuri sungai menggunakan Ban karet ternyata memunculkan sensasi tersendiri. Apalagi sungai yang dilalui memiliki medan yang cukup menantang.

Bagi anda para pecinta olahraga pemacu adrenalin, River Tubing Jeram. Apalagi selama menyusuri sungai, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan tumpukan bebatuan yang ada di sekitar sungai serta aliran air yang cukup deras, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai tantangan.

Karakteristik jeram dan kondisi alami sungai yang menantang adrenalin ini sekaligus menggugah kepedulian wisatawan akan kelestarian lingkungan hidup khususnya sungai. Akses untuk menuju wisata susur sungai ini cukup mudah sekitar 2 Km dari pusat Kota Tasikmalaya.

River Tubing akan menyusuri Sungai Cikalang yang melintas dari wilayah Kelurahan Sukanagara berjarak sekitar 3 km yang ditempuh selama kurang lebih 2 jam.

Lanjut Asep Ugar, inti nya kegiatan ini bertujuan melestarikan sungai dengan semangat pemberdayaan masyarakat untuk peduli sampah sungai dan lingkungan hidup sekaligus memperkenalkan wisata susur sungai,” sambungnya.

Di singgung prihal ada bantuan dari pihak pemerintah akan kegiatan ini,”Ia menyampaikan Alhamdulilah ini murni biayanya dari swadaya rekan rekan Manasix,”pungkasnya.

Jurnalis : Andi