Gerakan Sinergi Reforma Agraria Kabupaten Sumedang

Fokus Jabar Pemerintahan Sosial

Pewarta: Kusnadi

SUMEDANG. FOKUSPRIANGAN.ID – ATR/BPN kantah Kabupaten Sumedang bersama Pemda Sumedang melaksanakan kegiatan “Gerakan sinergi reforma agraria kab. Sumedang” dengan tema “Bersinergi mewujudkan cita cita agraria dalam upaya pemerataan pemilikan tanah serta meningkatkan ketimpangan pemilikan”, bertempat di gedung serbaguna Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan kabupaten Sumedang, Senin (22/04/24).
.
Gerakan Sinergi Reforma Agraria merupakan penataan kembali atau penataan ulang kepemilikan, dan penggunaan sumber-sumber agraria untuk kepentingan rakyat. Tujuannya menolong rakyat kecil, dalam mewujudkan keadilan dan setidaknya mengurangi ketidakmerataan bagi masyarakat Ucap Kepala ATR/BPN kantah Kabupaten Sumedang.

“Masyarkat penerima obyek reporma agraria, tanah yang sudah diberikan dan diberikan kepada masyarakat beserta sertifikat sertifikatnya harus dimanfaatkan, diberdayakan untuk kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, bidang pertanian peternakan ataupun bekerjasama dengan pihak lain. Dan itu perlu didukung oleh pemerintah daerah dan UPT terkait, Tambah Ketua ATR/BPN Kantah Kabupaten Sumedang.

Kepala bagian tata pemerintahan sekretariat daerah Kabupaten Sumedang ILI. S. Sos menegaskan dengan Gerakan Sinergi Reforma Agraria, sangat bermanfaat untuk membangun Reforma Agraria dengan basis data di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).”Ucapnya,

“Basis data itu kita jadikan database untuk arah Reforma Agraria di tahun depan pemerintahan yang baru. Dan untuk merealisasinya, maka diperlukan strategi pelaksanaan reforma agraria yang berkeadilan, berkelanjutan, partisipatif, transparan, dan akuntabel.Tukas ILi S. Sos .

Kegiatan dihadiri oleh Pemkab Sumedang, Ketua ATR BPN kantah Sumedang, unsur Forkopincam Sumedang Selatan, Kepala Desa Margalaksana, kepala Desa Mekarrahayu, berserta perangkat BPD, kelompok Tani, Bumdes, Tokoh masyarakat, pemuda dari kedua Desa.