Harga Ayam Boiler Potong di Sukabumi Sekilo Tembus Hingga Rp 40 000

Ekonomi dan Bisnis FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Komoditas daging ayam boiler di sejumlah pasar tradisional dan modern di Sukabumi mengalami kenaikan harga. Saat ini komoditas daging ayam boiler tembus di angka Rp 40.000 per kilogram (kg), dari harga sebelumnya Rp 38.000 per kg.

Sementara itu, hasil pantauan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, menyebutkan, kenaikan daging ayam broiler terpantau sejak awal Juni 2023, dari harga Rp 36.000 menjadi Rp 38.000 per kg. “Betul, daging ayam itu naiknya awal Juni, kemudian naik lagi menjadi Rp 40.000 per kg. Atau, dalam waktu sepekan dua kali kenaikan,” ujar M. Rifki Kasi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, pada Minggu, (10/6/23).

Salah satu penyebab naiknya harga daging ayam tersebut, ujar Rifki, karena peternak menjual ke pedagang dengan harga cukup tinggi. “Sehingga, di pasaran harga terkoreksi ikut naik. Biaya produksi yang naik diklaim menyebabkan peternak menaikkan harga ke pedagang,” jelasnya.

Rifki mengatakan, hasil keterangan dari para pedagang, peternak menjual ayam hidupnya dari kandang alami kenaikan. “Kemungkinan biaya produksi yang ikut naik,” tandasnya.