Sambil Bersepeda Keliling Kota. Kang Jimat Laksanakan “Sasapu”

Fokus Subang Pemerintahan Sosial

Pewarta: Agus Yogi

KAB. SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Bupati Subang, H. Ruhimat bersama Kapolres Subang, AKBP Sumarni S.I.K.,SH.,MH dan Dandim 0605 Subang, Letkol Inf Bambang Raditya M.Han bersepeda keliling Kota Subang, Jumat (20/01/2023).

Kegiatan bersepeda kali ini bertajuk ‘Sasapu’ atau Sasapedahan Sapa Publik dan dimulai dari Rumah Dinas Bupati Subang menuju Pasar Pujasera sekaligus dilakukan peninjauan Gedung Bioskop Lama Subang yang rencananya akan segera dibongkar agar bisa dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

Kang Jimat bersama rombongan melanjutkan perjalanan melewati Gang Panglejar sampai ke Pasar Panjang Subang. Di Pasar Panjang Kang Jimat menyempatkan diri menyapa warga yang sedang berada di pasar dan meninjau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.

Usai menyapa warga di Pasar Panjang, Kang Jimat dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju check point selanjutnya yaitu Situ Sukamelang di mana di jalan sepanjang Situ Sukamelang tengah dilakukan kerja bakti secara bergotong royong oleh warga dan siswa sekolah. Kang Jimat dan rombongan beristirahat sejenak di Situ Sukamelang bersama Lurah se-Kecamatan Subang sambil berdiskusi terkait permasalahan dan kebutuhan masyarakat utamanya di wilayah Kecamatan Subang.

Camat Subang, Sumardi S.STP.,M.AP dalam ucapan selamat datangnya menyampaikan terima kasih kepada warga yang melakukan kerja bakti dan menekankan tugas menjaga lingkungan adalah tugas bersama bukan hanya tugas Pemerintah.
“Hatur Nuhun warga nu tos kerja bakti. Kita semua punya tugas yang sama dalam menjaga lingkungan. Bukan hanya tugas LH atau Pemerintah Daerah tapi tugas kita semua.”

Sumardi berkomitmen kegiatan serupa akan terus dilakukan demi menjaga lingkungan di Kecamatan Subang sekaligus mewujudkan rencana Situ Sukamelang sebagai destinasi wisata yang bersih dan nyaman.
“Acara ini akan terus digalakkan agar lingkungan Kota Subang terjaga. Terima kasih Kang Jimat yang berkenan menyapa warga kami. Situ Sukamelang insya Allah akan jadi destinasi wisata, jadi harus dibersihkan.”

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada anak stunting dan santunan bagi kaum lansia yang berada di Kelurahan Sukamelang oleh Kang Jimat didampingi Kapolres Subang dan Dandim 0605 Subang.

Dalam sambutannya, Kang Jimat menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sekuat tenaga sedang menata Kabupaten Subang agar menjadi lebih baik.
“Eta bantuan, kadeudeuh ala kadarna nambah semangat nambah kesabaran dalam menjalankan kehidupan. Saya mulai ingin menata wilayah perkotaan. Tahun ini akan dibangun alun-alun Subang.”

Kang Jimat berharap kegiatan gotong royong dapat terus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat utamanya dalam menjaga lingkungan masing-masing.
“Jangan karena ada Bupati kesini bawa sapu. Yuk dari diri kita masing-masing menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab masing-masing, sampah jangan dibuang ke Situ. Mari Bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Subang. 2 minggu sekali dilakukan kerja bakti agar lingkungan terjaga dengan baik.”

Terakhir, Kang Jimat memohon maaf atas pembangunan Kabupaten Subang yang tidak maksimal akibat adanya pandemi Covid-19.
“Hampura karena 3 tahun tidak bisa membangun karena habis oleh Covid-19 semua anggaran pembangunan.” Tutup Kang Jimat.

Turut mengikuti kegiatan Sasapu tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah, Para Kepala OPD Kabupaten Subang, Para Lurah, dan pegiat sepeda Kabupaten Subang.