Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab.Tasikmalaya Lantik dan Kukuhkan Pengurus Pimpinan Anak Cabang Masa Bhakti 2022-2024 Serta Memperingati HUT Ke-63

0

Pewarta: Iwan Singadinata

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Sekitar 17 pimpinan anak cabang (PAC) Pemuda Pancasila, bertempat di gedung komplek rumah dinas Bupati, resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua MPC Dani Fardian pada hari ini Rabu (23/11/22).

Adapun Ke – 17 PAC yang dilantik, terdiri dari :
1. PAC Rajapolah
2. PAC Padakembang
3. PAC Karangjaya
4. PAC Gunungtanjung
5. PAC Cineam
6. PAC Jamanis
7. PAC Mangunreja
8. PAC Pageurageung
9. PAC Bojongasih
10.PAC Pancateungah
11. PAC Culamega
12. PAC Taraju
13. PAC Bojonggambir
14.PAC Cikatomas
15.PAC Sukaraja
16.PAC Parungponteng
17.PAC Salawu

Dalam awali sambutannya ketua MPC Pemuda Pancasila Kab.Tasikmalaya, Dani Fardian mengucapkan dahulu teriakan yel-yel-yel patriotik pemuda pancasila dengan keras dan lantang, “Merdeka dan Pancasila” dibalas dengan ucapan yang sama oleh para anggota.

Dani menjelaskan kronologi berdirinya Pemuda Pancasila, menurutnya bila kita flashback kebelakang, bahwa Pemuda Pancasila dilahirkan oleh TNI pada saat itu, kenapa ? karena TNI tidak boleh bermain politik praktis, maka membuka sayap Pemuda Pancasila, dalam rangka menghalau kekuatan komunis pada waktu itu. Maka didirikanlah Pemuda Pancasila oleh Jendral Abdul Haris Nasution.

Selanjutnya Ujar Dani mengatakan, jadi Alhamdulillah bahwa Pemuda Pancasila hari ini sudah hidup berkiprah melewati tiga jaman, jaman Orde lama, Orde Baru dan Reformasi, jadi Pemuda Pancasila bisa dikatakan dari masa ke masa, pungkasnya sambil menoleh Irjen pol (Purn) Anton Charlian sebagai dewan pakar Pemuda Pancasila, dan saat ini dikenal dengan sebutan Abah Anton,”katanya.

Dani menambahkan penjelasan, kata Abah Anton, satu,-satunya organisasi yang menyandang predikat Pancasila hanya Pemuda Pancasila, disambut hangat dengan riuh tepuk tangan para anggota yang hadir didalam gedung.

Baca Juga  Madrasah Diniyah Kecamatan Cikatomas Dapat Bantuan Dana Covid 10 Juta Dari Kemenag

Ditegaskannya Pemuda Pancasila sebagai organisasi terbesar ketiga secara nasional, bila disandingkan dengan Ormas Muhamadiyah dan Nahdatul Ulama (NU).

Untuk itu Pemuda Pancasila dibentuk dengan bersemangatkan 20 Mei 1908, bung Tomo dengan semangat 28 Oktober 1928 sumpah pemuda dan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, itulah yang membuat Pemuda Pancasila terbesar ketiga,”ujarnya.

Pemuda Pancasila memiliki-kenangan yang manis, kata Dani. Sebabnya apa !, Oleh karena adanya TAP MPRS Nomor.35 Tahun 1966 Tentang Larangan Ajaran Komunisme, Leninisme dan Marksisme , yang merupakan sebuah karya seorang pendiri Pemuda Pancasila, yaitu Jenderal Abdul Haris Nasution. Penjelasan lainnya dikatakan Dani, jadi kala itu sayap kiri membentuk pemuda rakyat dan pendiri membentuk Pemuda Pancasila.

Pada dasarnya Pemuda Pancasila selalu menjaga kebhinekaan, karena anggotanya tersebar dari berbagai kalangan, berbagai partai, berbagai suku dan agama, dan untuk kabupaten Tasikmalaya sendiri jumlah anggota pemuda Pancasila lebih kurang 7600 orang. Ditambahkannya setiap PAC Diwajibkan merekut anggota baru sekitar 150 orang dan untuk ditingkat ranting diwajibkan merekut anggota 50 orang. Jadi untuk Tahun 2024 diperkirakan anggota akan mencapai sekitar 20 ribu anggota mengakhiri sambutannya.

Pelantikan dan pengukuhan PAC dihadiri para pengurus seperti, Dewan Pakar Irjen Pol (Purn). Anton Charlian , Ketua MPW H. Dian Rahadian, juga Ketua DPRD Asep Sopari Al’Ayubi dan para anggota dewan yang terhormat, unsur Forkopimda TNI – POLRI serta ketua KNPI dan pengurus Ormas laiinnya.

#bupatitasikmalaya
#sekdakabupatentasikmalaya
#ketuampcpemudapancasilakabupatentasikmalaya
#ketuapacpemudapanacasilasekabupatentasikmalaya
#kominfokabupatentasikmalaya
#humaskabupatentasikmalaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here