Pakai Baju Adat Khas Padang Siswi Kelas 2B MI Al Hamidiyah Ikut Memeriahkan Acara Pelepasan Siswa atau Siswi Kelas 6

Fokus Jakarta Pendidikan Seni dan Budaya Sosial

Pewarta: Robbi

JAKARTA | FOKUSPRIANGAN.ID – Siswi Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Al – Hamidiyah hari ini penampilannya sangat berbeda sekali di acara Tasyakuran Pelapasan Siswa atau Siswi Kelas 6 dan Tahfizd Jus Ama, siswi menggunakan baju khas adat tradisional dari daerah masing masing seperti baju kaphas Sulawesi, Sumatera Barat dan lain lainnya.

Seperti siswi kelas 2B Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al – Hamidiyah yang menggunakan baju khas adat tradisional Padang yang berasal dari daerah Sumatera Barat, bukan hanya itu saja, siswi kelas 2B pun Menampilkan tarian indang ( dindin badindin) khas padang tersebut di acara sekolah yang bertema Tasyakuran Pelepasan Siswa atau Siswi Kelas 6 dan Wisuda Tahfizd Jus Ama Panen Karya P5 Kurm er MI Al – Hamidiyah, pada hari Sabtu (8/06/24).

Acara tersebut berlangsung di adakan di ruangan kelas 6 sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al – Hamidiyah dari Pukul 08:00 wib sampai dengan acara selesai, turut hadir para undangan seluruh wali murid dari kelas 1 sampai kelas 6 dan para dewan guru beserta kapala yayasan sekolah Al – Hamidiyah.

Sekolah Al Hamidiyah bukan hanya Madrasah Ibtidaiyah (MI) tapi ada juga Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMK), Sekolah dalam Satu gedung terdapat beberapa pendidikan sekolah, sekolah Al Hamidiyah adalah sekolah islam yang mendidik anak murid siswa dan siswi menjadi ber akhlak mulia, beriman dan bertakwa, lokasi sekolah yayasan Al – Hamidiyah terletak di jalan Jalan Raya Kedoya Selatan No.50, RT.11/RW.7, Kedoya Selatan Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat 11520.

Salah satu siswi yang bernama Prisila Ramdani Kelas 2B mengatakan, Saya sangat senang sekali bisa tampil di acara pelepasan Siswa atau Siswi kelas 6 dengan menggunakan baju khas adat tradisional dari padang, meskipun saya bukan asli dari padang tapi saya sangat senang bisa tau baju khas padang dan tarian asal padang itu salah satu menambah wawasan saya tentang kebudayaan tradisional Indonesia,”ungkap Prisila saat di wawancarai awak media.

Pantauan Awak media di lokasi Acara Tasyakuran Pelepasan Siswa atau Siswi Kelas 6 dan Tahfizd Jus Ama berjalan dengan Khidmat dan lancar dengan pembukaan iring iringan Hadroh dan sholawat di tampilkan langsung dari team hadroh sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al – Hamidiyah dan Pembaca ayat Suci Al Qur’an.

Kita Sebagai orang Indonesia memang harus tau adat istiadat budaya nasional seperti Baju adat khas padang, Baju adat Padang yang memiliki keunikan tersendiri berperan penting dalam upacara-upacara tertentu. Sebagaimana baju adat daerah lainnya di tanah air, baju adat Padang dapat menjadi simbol bagi warisan budaya, nilai-nilai historis, identitas budaya, karakteristik, maupun keyakinan dalam kebudayaan Minangkabau.

Baju adat Padang merupakan implementasi kebudayaan Minangkabau dalam format corak dan motif yang khas di samping warisan budaya berupa bangunan atau kulinernya yang terkenal. Sebagai simbol identitas budaya, baju adat Padang juga dapat menjelaskan latar belakang ekonomi, sosial, dan lain-lain.

Didalam baju adat khas tradisional padang tersebut terdapat nilai kebudayaan yang penuh dengan makna dan artinya, bukan hanya baju adat khas tradisional padang, tetapi masih banyak baju adat khas tradisional lainnya, ini salah satu menambah wawasan dan menambah ilmu pengetahuan tentang kebudayaan tradisional Indonesia.