Fahira Idris Sapa Warga Yang Sedang Panen Buah dan Sayur di Kepulauan Seribu

Ekonomi dan Bisnis Fokus Jakarta Politik Sosial

Pewarta: Rusdi

JAKARTA. FOKUSPRIANGAN.ID – Kunjungan Anggota DPD RI Kali Ini Mendapat Sebuah Moment Luar Biasa bisa melihat warga yang berada di wilayah DKI Jakarta meliputi (Jakpus, Jaksel, Jakut, Jakbar, Jatim) panen hasil urban farming.

Namun demikian Kali ini ada nuansa yang berbeda saat melihat keriangan sejumlah warga yang berada di Kepulauan Seribu bisa dapat memanen buah dan sayur hasil yang juga hasil urban farming. pada senin (29/1/2024).

Fahira Idris Mengatakan “iYa…Kepulauan Seribu yang selama ini warganya kita kenal sebagai nelayan penghasil perikanan dan pelaku wisata bahari, sejak beberapa tahun lalu juga sudah mengembangkan urban farming.” Tuturnya.

Selanjutnya Fahira menambahkan Sujud Syukur Alhamdulilah dengan tekad yang kuat dapat menjadikan Kepulauan Seribu sebagai Pulau Mandiri Pangan, warganya sukses mengembangkan urban farming berupa aneka buah dan sayuran di lahan berpasir. Memang untuk bahan pangan perikanan, warga kepulauan seribu tidak kesulitan mendapatkannya, bahkan berlimpah, tetapi untuk sayuran dan buah harus didatangkan dari daratan Jakarta dan luar provinsi. Namun, kini dengan hadirnya urban farming, warga Kepulauan Seribu dapat memanen buah dan sayur dari kebun sendiri.

Ke depan, tentunya berkolaborasi dengan dinas terkait terutama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, potensi urban farming di Kepulauan Seribu harus dimaksimalkan sehingga Kepulauan Seribu menjadi Pulau Mandiri Pangan yang kaya ikan, sayur dan buah.