Pedagang dan Pengunjung Pasar Limbangan Keluhkan Bau Sampah Yang Menumpuk

Fokus Jabar Sosial

Pewarta: Erlan Kanduruan

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Tumpukan sampah yang berada persis di Pasar Limbangan dikeluhkan pedagang dan pengunjung. Pasalnya, selain tampak kotor, aroma bau busuk yang menyengat pun membuat warga sekitar sangat tidak nyaman.

“Paraah…!! Bau busuknya menyengat sekali sampai saya mual. Apalagi, kondisi puasa seperti ini tentunya sangat mengganggu sekali,” Keluh Ibu Keukeu, Selasa Pagi (18/4/23).

Keukeu mengatakan dirinya datang ke pasar dalam rangka belanja untuk membeli kebutuhan lebaran. Dirinya sangat tidak senang dengan keberadaan sampah yang ada di depan pasar tersebut.

Tidak hanya para pengunjung, salah seorang pedagang toko emas setempat pun yakni Dindin mengeluhkan terkait aroma tidak enak yang menyelimuti tempatnya berjualan. Kata Dindin, dirinya terkadang dadanya terasa sesak dan tenggorokan sakit dampak dari aroma sampah yang kebetulan berdekatan dengan lapaknya.

“Tentu tidak nyaman yah, ada tumpukan sampah disitu. Bahkan, beberapa kali, pembeli tidak jadi membeli barang dagangannya cuma gara – gara aroma tidak enak dari sampah tersebut,” Ujar Dindin.

Sementara, Direktur Utama Developer Pasar Limbangan yakni Elva Waniza membenarkan terkait adanya ketidaknyamanan para pengunjung maupun warga Pasar terkait sampah. Dirinya menjelaskan bahwa kondisi tersebut akibat dari hilangnya kendaraan operasional pengangkut sampah oleh salah seorang oknum pimpinan organisasi tertentu.

“Saya sendiri selaku pihak developer juga mengakui banyaknya keluhan sekaligus risih juga. Padahal waktu itu, kita susah pernah punya truk sampah namun hilang dan sudah diproses oleh pihak kepolisian,” Jelas Elva.

Elva mengatakan kalau selama ini pihaknya selalu melakukan pengangkatan setiap harinya. Ia juga menyampaikan kalau selama ini ada keterlambatan dikarenakan proses pengangkatan mengandalkan ketersediaan mobil operasional pengangkut sampah dari pihak Kecamatan Limbangan.

“Mudah – mudahan kedepannya keberadaan sampah di depan Pasar akan kami pindahkan ke lokasi yang lebih tepat,” Tutur Elva.

Keberadaan tumpukan sampah tidak hanya dikeluhkan oleh para warga Pasar. Keberadaan lokasi tempat pembuangan sampah tersebut juga bersebelahan dengan puskesmas Limbangan yang tentunya berdampak pada nilai kesehatan yang sedang berobat.