Tol Bocimi Seksi II Akan Dibuka Selama Beberapa Hari di Hari Raya Idul Fitri, Hanya Digunakan Untuk Kendaraan Golongan I Saja

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta:Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Saat dibuka secara fungsional, jalan Tol Bogor Ciawi – Cibadak, tidak semua kendaraan bisa menggunakannya. Artinya hanya kendaraan tertentu saja yang diperbolehkan mengunakan jalan Tol Bocimi Seksi II tersebut.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono saat melakukan rapat kerja dengan Komisi VI DPR beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, tol Bocimi seksi II yang memiliki panjang 11,9 kilometer hanya digunakan oleh kendaraan golongan I saja. Artinya kendaraan golongan II, III dan IV tidak diperbolehkan masuk.
“Tol Bocimi Seksi 2 akan dibuka dengan lajur fungsional 2×2 mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 17.00 sore secara situasional. Hanya dilewati oleh kendaraan Golongan 1 seperti Sedan, MVP, dan Jeep,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Pengatur Jalan Tol, untuk daftar golongan kendaraan di Tol meliputi Golongan I : sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus. untuk Golongan II : truk besar dengan dua gandar.

Golongan III meliputi truk besar dengan tiga gandar. Golongan IV meliputi truk besar dengan empat gandar dan Golongan V : truk besar dengan lima gandar.
“Dengan begitu truk besar dan bus dipastikan tidak diperbolehkan melintasi jalan Tol Bocimi Seksi II tersebut,” sebutnya.

Sebelumnya Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi II Cigombong-Cibadak dipastikan bisa digunakan dua arah secara fungsional saat mudik lebaran 2023, namun pembukaan tol sepanjang 11,9 kilometer kemungkinan hanya dibuka delapan jam saja. “Artinya tidak dibuka secar full 24 jam untuk digunakan pemudik lebaran,” ujar Destiawan.

Menurutnya, pembukaan tol bocimi pada waktu-waktu tertentu akan dimulai sejak Pukul 07:00 WIB pagi hingga pukul 17:00 WIB atau pada jam 05 sore.

Hal tersebut dilakukan mengingat tol Bocimi seksi II ini belum sepenuhnya selesai. “Masih ada banyak pekerjaan yang belum selesai seperti marka jalan dan penerangan di beberapa titik,” katanya.