Pemerintah Kecamatan Jamanis Akan Bentuk RT Siaga

Fokus Kab Tasik Pemerintahan

PENULIS/REPORTER: ANTON

FOKUS KAB TASIK.(Fp) – Pemerintah Kecamatan Jamanis, kabupaten Tasikmalaya, kedatangan utusan dari kabupaten Tasikmalaya, yaitu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tasikmalaya, untuk mensosialisasikan pembentukan RT Siaga bertempat di aula Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa ( 28/4/20).

Dalam acara tersebut turut di hadiri kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Tasikmalaya, Camat Jamanis, Kapolsek, Danramil Rajapolah, Ketua MUI, Kepala UPT Puskesmas Jamanis, dan kepala desa.

Winardi Hidayat ,S.Ip, M.Si, Camat Jamanis, menjelaskan sesuai dengan intruksi Bupati Tasikmalaya bahwa di kabupaten Tasikmalaya perlu di bentuk semacam gugus tugas di lingkup ke RT an dengan nama “RT siaga”. Dan tadi kita kedatangan utusan dari Kabupaten Tasikmalaya untuk mensosialisasikan pembentukan RT Siaga,”ucapnya.

Lanjut Winardi RT siaga ini perlu di bentuk di tingkat ke RT an karena RT menjadi garda terdepan di lingkungan ke RT an dalam menjaga, mencegah dan melindungi warganya apalagi sekarang sedang maraknya penyebaran virus corona. Untuk hal penting yang saat ini menjadi tugas RT dalam RT siaga adalah pengawasan dan pendataan kepada warga yang datang ( pulang kampung/mudik) ke wilayahnya dan juga sekaligus mengarahkan warga yang datang untuk tinggal di rumah (karantina mandiri) selama 14 hari, terutama warga yang datang tersebut berasal dari daerah zona merah covid 19.

“Nantinya untuk pembentukan RT siaga tersebut akan di buatkan SK RT Siaga oleh Kepala Desa nya. Dan tentunya dalam SK tersebut akan muncul tugas fungsi RT Siaga yang tentunya dengan stuktur organisasi RT Siaga di dalam nya dan tentu RT siaga ini akan membantu Kepala Desa dalam memantau warganya di wilayah ke RT an dan menjadi informasi penting dari RT bagi Kepala Desa dalam menentukan kebijakannya dalam hal pencegahan penyebaran virus corona dan penanganan apabila ada hal- hal yang tidak di harapkan, sehingga informasi dari RT menjadi data yang objektif di desa dan menjadi bahan untuk kebutuhan data untuk tingkat kecamatan maupun kabupaten,”katanya.

Winardi menambahkan Insya Alloh pembentukan RT Siaga ini akan segera di wujud kan karena ini adalah kebutuhan mendesak dan tadi kita sepakat dengan APDESI Jamanis, untuk para kades yang berada di wilayah Jamanis untuk segera membuatkan SK RT Siaga.” pungkasnya.