Pemerintah Kec.Purwakarta Kembali Adakan Penilaian Lomba Desa/Kelurahan

Fokus Cilegon Pemerintahan Sosial

FOKUS CILEGON. (Fp) – Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kecamatan Purwakarta merupakan Kompetisi dan Evaluasi hasil pembangunan Desa dan Kelurahan yang bersifat mendorong kebersamaan dan keswadayaan Gotong Royong yang wajib dilakukan setiap tahunnya secara berjenjang dan berkelanjutan mulai dari tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi dan Nasional. Untuk itu pada tahun 2020 ini Pemerintah Kecamatan Purwakrta kembali mengadakan Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kecamatan Purwakarta. Rabu (12/02/2020).

Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kecamatan Purwakarta menjadi sangat penting sebab melalui penilaian ini diharapkan akan memperkuat komitmen bersama dalam mensinergikan dan mewujudkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam mendukung percepatan pembangunan yang berwawasan budaya demikian penjelasan Lurah Kebon Dalem Edi Hilfiandi menyatakan.

“Oleh karena itu melalui Lomba Desa/Kelurahan kita berdayakan masyarakat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, mengenali wilayah masing-masing dan memperkuat inovasi pada potensi yang ada diwilayah masing-masing seperti di Kelurahan Kebon Dalem ini”, ungkapnya Lurah Kebon Dalem

Program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah sebagian besar diarahkan dan bermuara di Pedesaan/kelurahan. Kebijakan ini kiranya dapat dipahami, mengingat tujuan utama sebuah pemerintahan di bangun ialah untuk mensejahterakan masyarakatnya sebagai sasaran kebijakan dan diharapkan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Dari kegiatan tahunan ini, dalam rangka pembinaan, dan ini puteran kedua tadi pagi di Kelurahan Tegal Bunder,sekarang di Kelurahan Kebon Dalem, besok kita teruskan ke Kelurahan yang berada di lingkungan Kecamatan Purwakarta. Dan kita pengen tau sejauh mana kita lihat dari sisi anggaran, sisi penyerapan, sisi sarana prasarana Kelurahan dari sisi potensi data dasar KK dan kita lihat update ga datanya dan dari sisi kesiapan aparatur,karena ini pembinaan yang harus dilakukan Kecamatan terhadapa Kelurahan-Kelurahan, dari semua seksi Kesos, eksbang termasuk dari performa pegawai kelurahan itu sendiri” ucapnya Sekmat Purwakarta Wawan Ikhwan.

Seraya menambahkan “nanti hasil dari pada perlombaan akan kita umumkan dan ini baru awal, kalo sudah ada pemenang kita akan bawa ke tingkat Kota, setelah itu kita akan lakukan pembinaan” tandasnya.

Proses penilaian ini dimulai dari presentasi yang dilakukan oleh lurah sesuai dengan tiga bidang dasar dalam penilaian ini yakni bidang kepemerintahan, kemasyarakatan, dan kewilayahan. Selain itu ada berapa Indikator pendukunganya yakni Pemberdayaan, Budaya dan Pemahaman Agama, Penguatan Sistem Ekonomi Kerakyatan Peningkatan Sumber daya Manusia serta Keamanan dan Lingkungan yang kondusif. Dengan demikian akan lebih mempermudah dalam penilaian ke lapangan karena akan disesuaikan dengan yang dipresentasikan.

Jurnalis : Aan.SGT