Pemkab Sukabumi Gelar Bazar Culinary Ramadhan 1445 H Dekranasda di Area Parkir Craft Center

Ekonomi dan Bisnis FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Bazar Culinary Ramadan 1445 Hijriah Dekranasda Kabupaten Sukabumi di Area Parkir Sukabumi Craft Center, pada 17-30 Maret 2024.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam keterangan tertulisnya mengatakan kegiatan yang menampilkan kuliner khas Ramadan ini, diikuti puluhan pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut pun dimeriahkan berbagai perlombaan seperti mewarnai, hafalan Al-Qur’an, adzan, akustikan, dan marawis.

“Alhamdulillah puluhan pelaku UMKM bisa terlibat dalam kegiatan ini,” kata Marwan, saat membuka Bazar Culinary Ramadhan 1445 Hijriah, Minggu (17/3/24).

Bupati menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan peluang di masa Ramadan. Serta sekaligus turut mempromosikan produk UMKM ke masyarakat luas. “Peran kita inilah yang harus membuat UMKM Sukabumi menjadi produk yang dikenal masyarakat luas. Inilah salah satu cara untuk pemberdayaan UMKM dan mengenalkan produk mereka,” ucapnya.

Marwan mengajak pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan inovasi. Sehingga, produknya semakin bagus dan go internasional. “Memanfaatkan peluang ini secara baik dan memunculkan kreatifitasnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan menambahkan kegiatan ini sangat direspon positif para pelaku UMKM. Maka tak heran, sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. “Alhamdulillah respon UMKM sangat bagus. Sehingga setiap tahunnya terus hadir,” kata Yani.

Dia menjelaskan kuliner yang ditampilkan di acara tersebut beragam. Hal itu memudahkan masyarakat untuk mencari menu berbuka puasa. “Kulinernya semakin beragam dan alhamdulillah animo masyarakat pun sangat tinggi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yani berterima kasih kepada semua pihak. Sehingga, pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan. “Terima kasih semua pihak yang telah membantu. Besar harapan kami, UMKM tumbuh berkembang. Sebab, UMKM kuat, Kabupaten Sukabumi lebih baik,” tandasnya.