Sertijab Kepala Desa Benda Berjalan Lancar dan Kondusif, Digelar di Aula Desa Benda Kecamatan Cicurug

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Benda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar acara serah terima jabatan ( Sertijab ) Kepala Desa terpilih antara Riki Rahman kepada Hamdan Triaji, Jumat (24/11/23).

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, lantaran berhalangan, Riki Rahman kepala Desa periode 2017 – 2023 tidak hadir dalam acara sertijab tersebut. Meski begitu sertijab tetap berjalan lancar dan kondusif.

Camat Cicurug. Ading dalam sambutannya mengatakan kalau diri menyaksikan langsung pelantikan kades di Hotel Sukabumi. “Pada hari juga saya menyaksikan langsung acara serah terima jabatan Kades Benda Hamdan Triaji,” ucap Ading dalam sambutannya.

Ia mengatakan kalau di Indonesia yang memakai tanda jabatan burung Garuda hanya ada lima kelompok jabatan. “Yang pertama adalah Presiden Indonesia, yang kedua adalah Gubernur, yang ketiga adalah Bupati, yang ke empat adalah Camat, dan yang kelima adalah Kades,” terang Ading.

Itu dalam tanda jabatan sebutnya.
Sedang Presiden adalah Pemelihan Presiden, adalah pemilihan gubernur, ada pemilihan bupati, dan ada pemilihan kepala desa.”Hanya camat yang tidak dipilih langsung oleh rakyat,” ujarnya.

Ading menyebut kalau masing-masing mempunyai kewenangan dan wilayah kerjanya. “Kalau presiden Indonesia wilayah seluruh wilayah Indonesia, kalau Gubernur wilayahnya propinsi, kalau Bupati wilayahnya Kabupaten, kalau Camat wilayahnya se kecamatan, dan kalau kades wilayahnya se desa,” terangnya.

Dalam sambutannya, Ading mengucapkan selamat kepada Hamdan Triaji kepala Desa Benda terpilih periode 2023 – 2029 beserta ibu yang mana telah menerima amanat dan tanggung jawab sebagai kepala desa.

Tak lupa juga Ia mengucapkan terimakasih kepada Riki Rahman kepala desa sebelumnya yang menjabat dari tahun 2017 – 2023. “Selama menjabat ia telah membangun Desa Benda ini dengan segala pro dan kontra,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Benda terpilih Hamdan Triaji dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Riki Rahman. “Bapak Riki Rahman telah melaksanakan tugasnya begitu luar biasa, Insya’Allah akan saya lakukan apa yang sudah dilakukan oleh beliau, sekali lagi, walau pun beliau tidak bisa hadir saya pribadi, dari hati yang paling dalam mengucapkan terimakasih kepada Bapak Riki,” kata Hamdan dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, serah terima jabatan pada 24 November 2023. “Kalau kata Ketua BPD, Innalillahi karena tanggung jawabnya luar biasa,” ujarnya.

Hamdan menjelaskan kalau ini adalah amanah titik awal yang luar biasa, apa yang dikatakan Pak Camat, ini amanat bukan hanya di dunia, tapi juga diakherat. “Hamdan mengajak kepada Ibu dan Bapak semua dan lembaga, ayo kita bersama-sama ngurus Desa Benda, Desa Benda luasnya luar biasa cuma 13.000, catatan mudah-mudahan Bapak Camat bisa menyalurkan bantuan lebih banyak ke Desa Benda,” ucap Hamdan.

Maksudnya apa, ujar, tidak mungkin Desa Benda yang seluas ini bisa diurus hanya oleh seorang kepala desa. “Sepintar apapun kepala desa, dengan begitu luas Desa Benda ini, sehingga jalan di tempat, begitu saya mengajak kepada bapak ibu semua, hayu kita bersama-sama memajukan membangun Desa Benda,” katanya.

Salah seorang warga yang tidak mau disebut namanya berharap agar Desa Benda bisa lebih maju lagi. “Mudah-mudah Kades yang baru ini bersama aparat desa dan lembaga serta masyarakat bisa memajukan Desa Benda ini,” katanya berharap.