Polsek Karangpawitan Polres Garut Gelar Patroli Gabungan Antisipasi Kejahatan

Fokus Jabar Sosial

Pewarta : Aep Saepudin

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka mengantisipasi kejahatan malam, jajaran Polsek Karangpawitan gencar lakukan patroli gabungan yang dilaksanakan pada Jumat malam, tanggal 20 Oktober 2023, mulai pukul 24.00 WIB hingga selesai.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K., M.Si, melalui Kapolsek Karangpawitan AKP Nurdin Jaelani, SH, menuturkan bahwa Patroli ini dilakukan dengan kerjasama antara TNI, Polri, dan Satpol PP, bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas (C3), gangguan kamtibmas, serta aktivitas geng motor di wilayah Kecamatan Karangpawitan.

“Rute patroli yang dilakukan melibatkan sejumlah wilayah rawan, termasuk Kp. Pinggir Jati di Kelurahan Karangmulya, Bunderan Suci Karangpawitan, Kp. Cimasuk di Desa Suci, dan Pertigaan Godog, serta sepanjang jalur Karangpawitan Wanaraja” Ujar AKP Nurdin.

Sementara hasil dari pelaksanaan tugas patroli tersebut mencakup beberapa kegiatan penting. Patroli dilakukan di daerah yang diidentifikasi sebagai titik rawan kriminalitas, seperti tindakan curas, curat, dan curanmor.

Selain itu pihaknya bersama anggota patroli menyasar jalur-jalur yang rawan terjadinya aksi geng motor dan balapan liar.

Tidak hanya itu, petugas patroli memberikan himbauan kepada warga setempat. Mereka ditekankan untuk selalu bekerja sama dalam menjaga kamtibmas di sekitar wilayah tempat tinggal, sehingga situasi aman dan kondusif dapat terus terjaga.

Selain itu, pesan-pesan kamtibmas juga diberikan agar warga tetap waspada terhadap potensi gangguan kamtibmas, terutama dalam mewaspadai tindak pencurian.

Dalam patroli ini, petugas juga menerima masukan dan informasi dari warga seputar situasi kamtibmas dan kendala-kendala yang mereka hadapi. Hal ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kerjasama antara aparat keamanan dan masyarakat.

“Sementara itu, kami memberikan himbauan kamtibmas kepada petugas satuan pengamanan di kantor atau bank, dengan harapan agar bersama-sama menjaga kamtibmas di sekitar wilayah tempat kerja,” tuturnya.

Mereka juga diingatkan untuk segera menghubungi pihak Polri apabila terjadi kejadian atau masalah yang memerlukan tindakan.

“Pelaksanaan tugas patroli ini dilakukan oleh Serda Dadan dari Koramil Krp/1102, Aipda Eko Antono, Bripka Supriadin, Bripka Asep Suryana, dan Apud dari Satpol PP. Upaya patroli gabungan ini merupakan bagian dari langkah preventif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Karangpawitan”. Pungkas AKP Nurdin.

Sumber: Humas Polres Garut