Nama Kabupaten Ciamis Menjadi Kabupaten Galuh Semakin Mengerucut

Fokus Kab Ciamis Pemerintahan

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Proses perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh kembali digelar, yang kini berada pada tahapan pembahasan rencana kerja panitia perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh di Aula Setda Kabupaten Ciamis. Rabu, (08/03/23).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Wasdi dalam dalam rapat kerja panitia mengatakan bahwa tim kali ini merupakan tim besar, tim yang sesungguhnya dalam menempuh Perubahan nama Galuh menjadi nama Kabupaten Ciamis dan bukan tim kecil lagi yang sebelumnya berfungsi sebagai tim persiapan,” Katanya.

“Nomenklatur dari Kemendagri tidak ada istilah pengembalian akan tetapi perubahan nama untuk perubahan nama daerah termasuk nama Galuh yang tengah kita tempuh.” Ungkap H. Wasdi.

Lebih Lanjut H. Wasdi mengatakan 91,7% atau dibulatkan menjadi 92% dari hasil Musrenbang dari seluruh desa atau sebanyak 258 desa yang ada di Kabupaten Ciamis menyepakati perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh,” Jelas H. Wasdi.

Sementara, ditambahkan Ketua Tim Perubahan nama Bidang Akademis DR. Yat Rospia Brata mengatakan dibutuhkan naskah akademis untuk menjadi rangkaian dari proses perubahan nama yang tengah ditempuh Kabupaten Ciamis bersama seluruh Masyarakat Kabupaten Ciamis serta perlu kerjasama dari seluruh sektor dalam penyusunan naskah akademis ini baik dari yuridis empiris dan dan hukum.

Ya, naskah akadamis ini merupakan naskah yang argumentatif yang diambil dari berbagai aspek termasuk histori, Singkatnya.