Hj Nurhayati Gelar Sosialisasi Program Percepatan Penurunan Stunting

Fokus Kota Tasik Sosial

Pewarta: H.Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Guna membantu Program Pemerintah dalam hal penurunan angka stunting di Indonesia pada umumnya dan di wilayah Dapil khususnya, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP Hj Nurhayati menggelar sosialisasi program percepatan penurunan stunting di Rumah Makan Sambal Hejo Jalan Letjen Mashudi Tamansari, Kamis (30/06/22).

Dalam keterangannya selepas kegiatan, Hj Nurhayati mengatakan kegiatan sosialisasi ini digelar sebagai langkah awal untuk melakukan pencegahan yang selanjutnya oleh pihaknya akan ditindak lanjuti dengan langkah nyata.

Angka Stunting secara Nasional masih sangat tinggi di kisaran 24 persen. Di Daerah Pemilihan saya ini (Wilayah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut) merupakan salah satu penyumbang yang bisa dikatakan besar juga

Kami mempunyai concern terhadap penurunan stunting di daerah-daerah yang tinggi jumlah stuntingnya sekarang ini.

Stunting itu tidak bisa hanya ditangani dengan sosialisasi tetapi kita juga harus menangani secara intervensi langsung, karena bayi stunting akut terutama, itu harus intervensi lasngsung dengan makanan bergizi yang diberikan untuk konsumsi sehari-harinya selama beberapa bulan dalam pengawasan

“Faktor ekonomi bisa, Faktor pola asuh, lingkungan juga mempengaruhi anak kena stunting,” katanya.

Anak yang kena stunting tersebut yakni memiliki kekurangan asupan nutrisi yang mempengaruhi pertumbuhan otak, saraf kognitifnya, tinggi badan dan lainnya.

“Kalau berat badan dan tinggi badannya kurang tapi otaknya masih normal itu masih bisa dikatakan rendah stuntingnya. Tapi kalau otaknya sudah tidak berfungsi bagus, tinggi dan berat badannya tidak normal itu sudah dikatakan stunting,” jelasnya.

Adapun solusinya, Hj Nurhayati mendorong kepada pemerintah baik pusat maupun daerah agar bisa menerapkan program yang pihaknya luncurkan.

“Ya kami sudah mendorong agar pemerintah bisa menjalankan program yang kami luncurkan. Karena program ini sudah berjalandengan baik, banyak yang sudah keluar dari stunting itu,” ucapnya.