Wabup Sukabumi Iyos Somantri Ikut Dalam Gerakan Pencanangan Gemapatas di Desa Sekarwangi Cibadak

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mencanangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) sebanyak 1 juta patok. 
Hal itu Untuk mengakselerasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kegiatan pencanangan yang akan dilaksanakan secara serentak di 33 provinsi seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi B. Wijanarko mengatakan melalui kegiatan ini ditekankan pentingnya menentukan batas batas tanah bagi masyarakat. “kewajiban pemilik tanah dan pemegang akses tanah adalah untuk menjaga tanda batas di dalam bidang tanahnya Maka dari itu kita semua harus memberikan dukungan terkait pentingnya tanda batas baik milik masyarakat maupun tanah yang dimiliki oleh instansi” terang Wijanarko.

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri, ikut serta menjadi bagian dalam kegiatan pencanangan “Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas” (Gemapatas). Kegiatan yang diikuti secara virtual tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Jumat (3/2/23).

Sementara itu, H Iyos  mengatakan pemasangan tanda batas tanah masyarakat di Desa Sekarwangi hal itu sesuai arahan Kepala Kantor ATR BPN. “Melalui kegiatan ini kita berharap semua pihak ikut membantu agar bisa berjalan cepat, baik dan benar serta bisa bermanfaat bagi masyarakat sehingga hak miliknya menjadi valid dan sah,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyerahan Sertipikat Program Strategis Nasional PTSL yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Penerima, Penyerahan Sertifikat Milik Pemkab Sukabumi serta Penandatanganan Berita Acara Tanda Tatas.