Pasanggiri Lengser Ambu Tingkat Pelajar Disambut Antusias Peserta

0

Pewarta: H.Amir

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Puluhan peserta mengikuti kegiatan Pasanggiri Lengser Ambu yang diadakan Komunitas Lengser Ambu Tasikmalaya di halaman Gedung Kesenian Tasikmalaya, Selasa (24/01/23) kemarin.

Pada kegiatan Pasanggiri Lengser Ambu Tingkat Pelajar se-Jawa Barat dirangkaikan pula dengan kegiatan Milangkala Klasik Komunitas Lengser Ambu Tasikmalaya juga Milangkala Assosiasi Seni Tari Indonesia (Aseti) ke-1, ini dikatakan Ketua Komunitas Lengser Ambu Tasikmalaya, Gunawan Wibiksana.

Alhamdulillah program kegiatan yang kami gelar ini mendapat respon dan dukungan, terutama kegiatan ini juga banyak peserta yang mengikutinya, dimana pesertanya tidak saja berasal dari Kota/Kabupaten tapi dari luar Tasikmalaya juga ada seperti dari Kerawang, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Cimahi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada, sekitar 60 peserta.

“Harapan besar dari kami, berharap Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa bersinergi mendukung dan memfasilitasi juga perlu pembinaan dan perhatian, ” harap Gunawan

Sementara itu Kabid Kebudayaan Disporabudpar Kota Tasikmalaya Suroyo menuturkan guru besar pak Lili ini kan mengatakan Lengser Ambu ini adalah perwujudan nama-nama baru di jaman sekarang, artinya bahwa kalau dulu kegiatan-kegiatan lengser Ambu itu diritualkan dengan adanya kegiatan seperti keagamaan, sekarang lengser Ambu ini diwujudkan dan dipadukan dengan dunia sekarang, bahkan tadi ingin lengser Ambu ini merupakan profesi artinya bahwa aspek legal formal melaksanakan bahwa itu masuk ke kebudayaan orang seni itu akan dilegalkan.

“Kami dari Pemerintah Kota Tasikmalaya khususnya Disporabudpar Kota Tasikmalaya dan bidang kebudayaan akan mencari solusi karena walau bagaimana pun lengser Ambu ini belum masuk kurikulum pendidikan artinya bahwa sudah wujud masuk ke kegiatan profesi berarti harus masuk ke kurikulum pendidikan, mudah-mudahan ke depan lengser Ambu ini masuk ke dalam kurikulum dan nantinya para seniman dan para kebudayaan bisa melibatkan dari sisi masyarakat yang memiliki keahlian dan keterampilan dari sisi itu.”ucapnya.

Baca Juga  Hasil Swab Ternyata Negatif Covid 19 Makam Pasien PDP Dibongkar dan Disempurnakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here