Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Subang Berhasil Ciptakan Motor Listrik

0

Pewarta: Agus Yogi

KAB. SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – SMK Negeri 1 Subang melalui Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) berhasil menciptakan Motor Listrik yaitu Moto Comic.

Kepala Program Keahlian Teknik Otomotif Wahyu Mulyadi, ST mengatakan, sepeda motor bertenaga listrik tersebut dibuat sebagai bentuk jawaban atas tantangan Gubernur Jawa Barat kepada seluruh SMK di Jawa Barat untuk mengkonversi motor bensin menjadi hemat energi. Selasa (24/01/23).

“Motor listrik ini tujuannya untuk menjawab tantangan pak gubernur kepada siswa SMK jurusan teknik otomotif se-Jawa Barat untuk mengkonversi motor bensin ke hemat energi,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa motor listrik tersebut dirancang mulai dari nol dengan ide desain murni hasil karya siswa untuk menghindari pelanggaran hak cipta sehingga berbentuk kotak.

Adapun perbedaaan motor listrik karya siswa SMK Negeri 1 Subang dengan yang lainnya yaitu kapasitas yang cukup besar sehingga kecepatannya tidak diragukan serta menggunakan dua baterai sebagai sumber energi listrik yaitu baterai lithium dan baterai kering 12 volt.

“Menggunakan dua baterai yaitu baterai lithium khusus untuk mensuplai tenaga dinamo dan untuk sistem kelistrikan kita menggunakan baterai kering 12 volt jadi tidak berebut energi pada saat motor digunakan,” ujarnya.

Untuk pengisian daya, ia melanjutkan membutuhkan empat jam dari nol hingga 100 persen dengan daya yang dimiliki untuk prototype 1000 watt 48 volt dengan kecepatan maksimal 30 km/jam dan jarak tempuh 35 km.

Sedangkan untuk Moto Comic memiliki daya listrik 3000 watt 72 volt dengan kecepatan maksimal 80 km/jam dan jarak tempuh 40 km.

“Dari kedua motor ini masih ada yang harus disempurnakan seperti tempat duduk single dan bentukannya yang kotak,” tutupnya.

Baca Juga  Polres Garut laksanakan Pengamanan Pemulangan Jamaah Haji Indonesia, Gelombang I Kloter 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here