Launching Galunggung Center For Research And Consultancy dan Release Hasil Survey Jelang Pemilu 2024

9

Redaksi

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Aula Sekolah Tinggi Hukum Galunggung Tasikmalaya di laksanakan launching Galunggung Center For Research and Consultancy dan release hasil survey menjelang Pemilu 2024, Selasa (24/01/23)

Hadir pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Kota Tasikmalaya Drs Maman Rohman Setiadi,M.Si, Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya H Wahid, perwakilan pimpinanan partai Politik serta tamu undangan lainnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs Maman Rohman Setiadi,M.Si membacakan sambutan tertulis Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah, S.STP., ME yang isinya mengatakan Atas nama pribadi dan pemerintah kota tasikmalaya kami ucapkan
selamat atas berdirinya Lembaga Galunggung Reserach and Consultancy.

Keberadaan lembaga ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan khususnya
dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

Menjelang pemilu tahun 2024, telah banyak lembaga survei yang merilis hasil temuan terkait pemilu tahun 2024, baik popularitas dan elektabilitas partai politik, maupun calon presiden dan wakil presiden.

Walaupun masih cukup lama, namun hasil survei memiliki beberapa signifikansi terkait peta politik Indonesia jelang pemilu tahun 2024.

Pada hari ini juga Galunggung Research and Consultancy akan merilis Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas calon Kepala Daerah dan Calon Legislatif.

Hasil survei ini merupakan produk ilmiah, sehingga memiliki legitimasi dan dilakukan dengan metode yang teruji dan dapat dipertanggungjawabkan.

Melalui hasil survei ini, diharapkan data-data tersebut dapat dijadikan acuan bagi partai politik maupun kandidat dalam menghadapi pemilu.

Suksesnya penyelenggaraan pemilu/pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara pemilu/pilkada itu sendiri, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk pemerintah, peserta pemilu/pilkada, dan seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga  Polsek Limbangan Polres Garut Cek TKP Kebakaran Rumah di Selaawi

“Yang terpenting dari seluruh pelaksanaan pemilu ialah bagaimana kita dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu sehingga tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi seperti pada penyelenggaraan pilkada 2017 (81,05% ), pilgub 2018 (81,14%) dan pemilu 2019 (87,49%) dapat terulang kembali pada gelaran pemilu 2024,” paparnya.

Sementara itu Direktur Galunggung Research and Consultancy Mia Wastuti, S.Sos., M.Sc., M.Eng menjelaskan pada kesempatan ini pihaknya menggelar launching Galunggung Center for Research and Consultancy dan release hasil survey menjelang Pemilu 2024 mendatang, dimana dalam survey tersebut pihaknya mengambil sebanyak 300 responden se-Kota Tasikmalaya

Kami dalam melakukan survei tersebut menanyakan kepada para responden siapa pilihan Calon Wali Kota Tasikmalaya dan juga pilihan Partai Politik.

Untuk nama-nama Bakal Calon Wali Kota itu kita lihat dari analisis sosiologis, jadi nama-nama yang masuk dan kita, saring dan hasil dari survey responden ada 3 nama kandidat yang memperoleh polling tersebar yaitu Dede Muharam sebesar 25.53 persen, lalu H Wahid sebesar 23 persen dan H Muslim sebesar 19.30 persen.

Ini kan baru survey pendahuluan, otomatis akan ada survey selanjutnya. Di survey ini kita lebih ke menjaring nama-nama, menjaring parpol, menjaring informasi dari masyarakat yang nantinya kita akan pakai untuk survey berikutnya.

“Nanti juga kan KPU dan Bawaslu juga berproses, nanti kita juga akan coba survey berikutnya menggunakan dua data, dari kita berdasarkan sosiologis dan data legal formal dari KPU, “ucapnya.

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here