H. Deden Sopian : Seorang Bupati Harus Mampu Mengenjot PAD

Fokus Jabar Sosial

Pewarta : Aep Saepudin

KAB. GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Pada Hakikatnya, seorang pemimpin daerah (Bupati) itu harus bisa membangkitkan usaha-usaha pedagang kecil/kaki lima yang berjualan di emperan trotoar jalan sehingga membikin macet arus lalu lintas, seorang pemimpin harus bisa membawa perubahan dan berkemajuan ekonomi rakyatnya, supaya PAD Garut bisa meningkat, sebagai contoh Situ Bagendit setelah di renovasi, dari pendapatan awal hanya Rp. 200 juta sekarang naik menjadi Rp. 1 M lebih.” Hal tersebut diungkapkan H. Dede Sopian, SE. Pada saat menjadi pembicara Sawala Ngawangkong Garut Utara Mapag Uga di Sekretariat PM GATRA, Sabtu, (21/01/23).

Selanjutnya di tuturkan Ketua Fraksi Golkar DPRD Garut bahwa seorang Bupati itu harus mampu menggenjot PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang sebanyak-banyaknya, seperti Pasar-Pasar yang ada harus di berdayakan, bangun oleh Pemda kemudian di sewakan dan keuntungannya digunakan untuk membantu para pedagang Kaki Lima yang tidak mampu. Jangan seperti program Garut Amazing tapi faktanya malah jadi program Amazonk,”Katanya.

“Seperti Pembangunan Gedung PKL di Guntur engga berjalan dengan baik, Pembangunan GTC di Limbangan juga tidak berdaya, padahal apa susahnya produk masyarakat di beli oleh pemerintah, setelah itu di pasarkan oleh tim manajemen GTC untuk di jual kepada para pengguna jalan raya Limbangan.”Ujarnya.

Diakhir Pembicaraan, Mantan Kades Cikembulan Kec Kadungora menerangkan bahwa setiap daerah itu di berikan anggaran dari pusat, baik DAU atau DAK, Jadi kalau sampai suatu daerah tidak maju-maju pembangunannya, fasilitasnya dan ekonominya, itu semua tidak masuk akal, tinggal bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan anggaran yang ada untuk peningkatan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk dijadikan objek wisata yang indah sedap di pandang mata serta mendatangkan turis-turis asing untuk bisa berkunjung ke Garut, Maka di perlukan seorang pemimpin yang cerdas dan kaya akan idea/konsep untuk membawa Kab. Garut yang Sejahtera, Adil Makmur dan Mandiri lahir bathinya.” Sahut Kang Deden Menutup pembicaraan.