Abah Anton Charlian Beri Nasehat dan Pesan Pada Pengurus PAC Yang Baru Dilantik

0

Pewarta: Iwan Singadinata

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pada pelantikan pengurus PAC Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (23/11/22) Dewan Pakar Pemuda Pancasila Abah Anton Charlian mengatakan, kalau dirinya mengaku ada tiga undangan yang harus dihadiri, karena sebelumnya pihaknta telah ditelepon oleh Ketua MPC, Dani Ferdian. “Dari ketiga undangan saya lebih memilih untuk hadir di pelantikan ini,” kata Abah Anton dalam sambutannya.

Seperti yang diketahui, ucapnya, bahwa dalam pengurusan di dewan pakar, pertama ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kedua ada mantan Gubernur sebelumnya Aher, dan tiga mantan Kapolda Jawa Barat Irjen pol (Purn) Anton Charlian.

Abah merasa kaget, pasalnya ketika pelantikan sebagai dewan pakar keanggotaan Pemuda Pancasila di Kabupaten sekitar 3000 anggota, tapi saat ini katanya setelah tahu dari ketua MPC Dani Ferdian, anggota sudah bertambah menjadi 7600 anggota. “Makanya diharapkan untuk para ketua PAC ketika SK sudah diberikan, tidak boleh tidak atau mau tidak mau sekali layar terkembang, surut kita berpantang, seperti diketahui bahwa slogan ini adalah merupakan slogan organisasi pemuda yang besar di masa orde baru, sebuah slogan yang menunjukan sebuah sikap atau tekad pantang mundur ketika sudah melangkah,” ujar Abah Anton
.
Menurutnya, ada dua hal yang penting untuk anggota pemuda pancasila, bila tadi kita menyimak dan disampaikan dari sambutan Bung Eris, bagi pimpinan dan anggota.

Pertama, sebutnya, wajib pendidikan kader, karena apa sebuah organisasi atau komunitas tanpa pendidikan dan latihan, sudah barang tentu tidak akan menjadikan diri takcik, makanya untuk itu, diharapkan munculnya militansi harus lewat pendidikan yang sah atau pendidikan kader. “Oleh karena kekuatan sebuah komunitas itu ada di struktur, militan, masiv dan sistematis.

Baca Juga  Demi Menunjang Segi Kualitas Fasilitas di Dunia Pendidikan Pada Usia Dini Provinsi Jabar Kucurkan Bantuan Bansos Yansos Ke Tiap Lembaga Pendidikan Agama

Untuk menciptakan militansi ini harus lewat pendidikan,” jelas Abah Anton.
Yang kedua, ujarnya, ada pengembangan struktur, karena besarnya sebuah organisasi tergantung dari besarnya, masivnya, sistematiknya struktur.

Makanya untuk ini, kata Anton mengatakan saloute kepada MPC Dani Fardian, yang telah melakukan perubahan dengan menambahkan keanggotaan baru, seperti yang disebutkan diatas. “Oleh karena itu selaku dewan pakar berharap kepada Pimpinan Anak Cabang ( PAC) yang baru dilantik, apakah sanggup untuk 6 bulan kedepan menambah keanggotaan baru mencapai 10 ribu,” tegasnya.

Dengan spontan 17 orang pimpinan anak cabang menyanggupinya, dan ini adalah sebuah kesanggupan dari anggota dilapangan. “Mudah-mudahan bukan janji tapi ini adalah sebuah bukti,” tegas Abah Anton..

Ia mengurai hal – hal lainnya dalam peranannya sebagai anggota Pemuda Pancasila. “Anggota Pemuda Pancasila harus melakukan yang lebih positif dan tentunya para anggotanya harus SETIA,” tandasnya.

Editor: Rusdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here