Bahas Anggaran Tambahan Untuk Sektor Keagamaan Komisi IV DPRD Gelar Raker

0

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar rapat kerja bersama Baznas, MUI, Bagian Kesra Setda, BPKAD, BKPRMI, Unsur Kejaksaan Negeri dan Polres Sukabumi, dilaksanakan di Gedung Islamic Center, Cisaat, Kamis (4/8/22).

Ketua Komisi IV DPRD, Hera Iskandar, kepada wartawan mengatakan, rapat kerja kali ini membahas kebutuhan anggaran tambahan yang dialokasikan untuk sektor keagamaan. “Kita ketahui bersama banyak sekali pondok pesantren, madrasah, dan lembaga ke Islaman di Sukabumi. Usulan dari MUI ada penambahan pembiayaan sarana keagamaan, karena banyak sekali pesantren terutama di daerah yang masih membutuhkan anggaran,” ujarnya.

Hera mengatakan, hasil rapat kerja hari ini, seluruh unsur sepakat perlunya anggaran tambahan bagi sektor keagamaan, dan hal ini perlu didukung baik oleh eksekutif maupun legislatif. “Hasil rapat ini kita akan langsung memberikan nota kepada pimpinan DPRD agar nanti di ajukan ke Badan Anggaran.

“Intinya BPKAD merespon cukup baik serta mereka memahami dan menyetujui bahwa  hal ini (tambahan anggaran) merupakan intervensi positif guna mendukung RPJMD dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi,” paparnya.

Namun kata Hera, hasil rapat kerja hari ini belum menjadi kepastian penambahan anggaran di sektor keagamaan, mengingat masih ada tahapan dan proses yang harus ditempuh. “Tugas kami mendengar aspirasi dan selanjutnya akan Kami suarakan dan sampaikan ke BPKAD,” ungkap Hera.
“Bila melihat postur anggaran pada sektor keagamaan tidak lebih dari 17 persen dari seluruh struktur anggaran yang ada dalam APBD Kabupaten Sukabumi,” ucap Hera.

Hera meminta agar mencari solusi dan formulasi yang sama guna memprioritaskan anggaran keagamaan.

Mewakili Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Sekum MUI, KH.Ujang Hamdun mengatakan apresiasi kepada Komisi IV dan perangkat daerah Kabupaten Sukabumi. “Kita bersama telah berkomitmen dalam penguatan keberpihakan anggaran di tahun 2023 khusus dalam peningkatan bidang keagamaan dan dukungan terhadap sumber daya manusia sektor keagamaan, seperti peningkatan sarana prasarana serta bagaimana peningkatan SDM guru madrasah diniyah, majelis ta’lim dan pondok pesantren salafi yang berada di pelosok wilayah Kabupaten Sukabumi,” papar Ujang.

Baca Juga  Kepala Desa Linggasirna Cecep Sudrajat Resmi Dilantik Bupati Tasikmalaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here