Anggota DPR RI Fraksi Gerindra dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Bimtek Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Faisal

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Untuk menunjang perekonomian dan nilai panen yang lebih banyak dalam penanaman ikan nila Kementrian kelautan dan perikanan bekerja sama dengan anggota DPR RI fraksi Gerindra komisi IV gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ikan Air tawar nila Kepada Masyarakat khususnya kabupaten Cianjur, yang bertempat di resto The Nice Funtastic Park desa Sukaresmi Kec.Sukaresmi, Senin (18/07/22).

Dalam kesempatan itu menghadirkan pemateri dari kepala balai besar budidaya ikan tawar Kab.Sukabumi, Fernando Jongguran. Dengan di hadiri oleh Endang E Tohari Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Kepala Balai Besar Perikanan, Kadis Kab.Cianjur dan di ikuti oleh 100 peserta.

Endang E Tohari Anggota DPR RI Fraksi Gerindra mengatakan, tujuan dari Bimtek ini adalah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan pemulihan perekonomian khususnya di bidang perikanan budidaya di Kabupaten Cianjur. Selain itu juga untuk sosialisasi dalam mengurangi stanting kita perlu banyak makan ikan, dan budidaya ikan ini sungguh banyak manfaatnya salahsatu nya bisa menaikan nilai ekonomi,”ucapnya.

Sementara, Fernando Jongguran kepala Balai besar budidaya ikan tawar mengatakan, Biofrop Ini adalah salah satu program dari Kementrian kelautan dan perikanan untuk masyarakat yang bisa membudidayakan ikan nila sistem bioflok, selain ikan nila ada pula ikan lele yang kita bisa budidayakan, dan dalam bioflok ini bisa di lakukan di lahan terbatas dan air yang maksimal,”katanya.

Lanjutnya, dari limbah bioflok ini pun bisa berguna untuk penyubur tanaman, nah dengan keuntungan ini makanya pemerintah mencoba mentransfer teknologi ini buat masyarakat. Dan nilai ekonominya justru bagi petani ikan tawar ini bisa lebih meningkat dari sebelumnya. Walaupun lahan yang terbatas dengan sistem bioflok ini kapasitas tetap maksimum,”tutupnya.