Dua Kelompok di Dua Provinsi Deklarasikan Anis Baswedan Untuk Pilpres 2024

Fokus Jakarta Politik Sosial

JAKARTA. FOKUSPRIANGAN.ID – Walaupun Pemilihan Presiden (Pilpres) masih dua tahun lagi. Dua kelompok relawan pada dua provinsi berbeda dengan latar belakang berbeda mendeklarasikan dukungan untuk Anies Rasyid Baswedan untuk Pilpres 2024.

Aliansi Masyarakat Pesisir dan Nelayan Indonesia Bersatu melakukan deklarasi mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang yang bertempat di kampung nelayan, Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (19/12/21).

“Kami Aliansi Masyarakat Pesisir dan Nelayan Indonesia Bersatu mendukung Anies presiden 2024,” ujar H.M Syarifuddin Baso, Ketua Aliansi Masyarakat Pesisir dan Nelayan Indonesia Bersatu

Sementara itu di NTB, Kelompok relawan di Nusa Tenggara Barat (Relawan Anies Rasyid Baswedan For President 2024) mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Deklarasi ini dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama dan Ratusan masyarakat Nusa Tenggara Barat. Minggu, 19 Desember 2021.

Ketua Dewan Pembina Relawan Anies Rasyid Baswedan For President 2024 NTB, Lalu Zulkifli Muhadli mengatakan deklarasi ini sebagai langkah awal dalam mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden RI tahun 2024.

Sementara itu, Dalam survei terkait elektabilitas Calon Presiden (capres) pada 2024 bertajuk Opini Publik Menuju 2024 oleh Lembaga Survei KedaiKOPI pada 16 sampai 24 November 2021 nama Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan berada di peringkat pertama di klaster kepala daerah.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengatakan dalam survei tersebut Anies meraih elektabilitas sebesar 37,4%.

“Anies Baswedan nomor satu (37,4%). Disusul Ganjar Pranowo (34,5%), lalu Ridwan Kamil (13,8%). Lalu ada Khofifah Indar Parawansa (7,3%),” kata Kunto di kanal Youtube Survei KedaiKOPI pada Minggu (19/12/2021).

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi kepala daerah tersukses di pulau Jawa dalam menangani kasus Covid-19 . Capaian itu disampaikan dari hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI dengan tema ‘Tutup Tahun 2021 Ini, Kata Publik Tentang Calon Pemimpin 2024′. Berdasarkan survei yang diikuti 1.200 responden tersebut, Anies Baswedan meraih nilai tertinggi yakni 37,2 persen.

Sebelumnya, lembaga yang menjadi bagian konsorsium internasional non-profit dan komersial, Deep Knowledge Analytics (DKA), menempatkan Jakarta berada di peringkat ke-47 dari 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19, dengan total skor 51,43.

Anies Baswedan juga ditempatkan sebagai Gubernur Paling Berhasil Dari Sisi Pembangunan, Anies jauh mengungguli Ganjar Pranowo, Ridwal Kamil, Khofifah Indar Parawansa dan Wahidin Halim baik dari sisi transportasi,  infrastruktur,  keindahan tata kota, kesehatan, kesempatan kerja maupun ekonomi keluarga.

Meskipun Mileanies tak terpengaruh pada publikasi hasil survey tetapi Mileanies tetap menyambut positif hasil survey ini. Hal Ini memberikan gambaran bahwa harapan para responden justru berada pada harapan akan kinerja pemimpin yang lebih baik tercermin pada apa yang sudah dilakukannya ketika memimpin, bukan sekadar kedekatan emosional, kesatuan ideologi, atau kebencian. ( Nur Azizah )

20 Desember 2021
Muhammad Ramli Rahim
Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies 24