Kegiatan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja Ke Luar Negeri Digelar BP2MI

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di salah satu Rumah Makan yang berada di Jalan Letjen Mashudi Kelurahan Sulahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja Ke Luar Negeri, Senin (11/10/21).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmuda,SE.,MM dalam keterangannya mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BP2MI.

Harapan saya kiranya para peserta yang menghadiri kegiatan ini dapat mensosialisasikan kembali apa yang didapat dari kegiatan ini kepada masyarakat lainnya.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan suatu upaya Pemerintah itu bagaimana masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri mendapatkan pengertian, pemahaman dan pengetahuan cara-cara atau prosedur bekerja di luar negeri, karena memang kita tidak mengharapkan ada warga kita yang bekerja ke luar negeri tetapi tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan. Dimana kami akan kesulitan untuk memberikan perlindungannya.

“Karena kalau melalui prosedur itu, nanti mulai dari pendaftaran, pelatihan, pemberangkatan, penempatan sampai kepulangan itu tanggungjawab dari kita,” jelasnya

Kepala Sub Koordinator Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program UPT BP2MI Bandung, Tugiarto menjelaskan dengan digelarnya kegiatan saat ini yaitu sosialisasi meraih peluang kerja ke luar negeri diharapkan kepada masyarakat Kota Tasikmalaya, bilamana ingin bekerja ke luar negeri alangkah baiknya menempuh secara prosedural

Hal ini dikarenakan banyak dari calon tenaga kerja yang ke luar negeri itu tidak melalui prosedur yang telah ditetapkan. Kegiatan seperti ini kami laksanakan secara masif.

“Prosedur calon tenaga kerja yang harus ditempuh diantaranya calon tersebut harus mendaftarkan diri di Dinas Kerja sesuai dengan domisili dimana dia tinggal dan nanti dari Disnaker akan diarahkan beberapa prosedur lainya yang harus dijalankan. Segala proses pengurusannya tidak sulit asalkan mereka mengetahui aturan prosedurnya,” ujarnya.
(Red)

Baca Juga  Wabup Sukabumi Dampingi Gubernur Jabar Berkunjung ke Kampung Adat Ciptagelar
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here