Bawaslu DKI Jakarta Gelar Pembinaan Pelaksanaan Penanganan Dan Penindakan Pelanggaran Pada Pemilu Serentak 2024 Mendatang

0

JAKARTA. FOKUSPRIANGAN.ID – Bawaslu DKI Jakarta mengadakan evaluasi penanganan pelanggaran pemilihan umum dan pilkada serentak tahun 2024 yang bertempat di salahsatu hotel bilangan Jakarta, Kamis 30/09/21 sampai Jumat 01/10/21.

Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi selaku kordiv penanganan pelanggaran mengatakan. Tujuan dari acara ini yaitu untuk menyamakan persepsi untuk pelaksanaan penanganan dan penindakan pelanggaran pemilu serentak tahun 2024 mendatang.” Ia juga mengatakan seseorang pengawas pemilu itu harus turun kebawah melakukan pengawasan, pengamatan dan melakukan kajian,”ucapnya.

“Ada temuan ada laporan, jadi jika tidak ada laporan diam aja pengawas pemilu, semua ada aturan dan koridornya masing-masing dan semua harus benar benar dilakukan penanganan pengawasan.

Bawaslu tidak bisa main paksa terkait penggeledahan pelanggaran, semua sudah diatur juga, Dalam konteks pelanggaran tidak gampang kita menyelesaikan segala pelanggaran, tidak gampang memang,”katanya.

Lanjut Puadi, Jika ada temuan seorang pengawas dalam hal pelanggaran harus benar benar memiliki bukti yang kuat sehingga jika tidak terbukti tidak malu nantinya, demikian juga soal laporan, maka Bawaslu harus menindaklanjuti sehingga jika tidak ditindaklanjuti maka siap siap saja dipanggil di Thamrin lantai 5 yakni DKPP.

Lebih lanjut Puadi mengatakan RUU Prolegnas 2021 mengenai pemilu dan pemilihan kepala daerah. Mekanisme pemilu dan pemilihan 2024 masih memakai UU no. 10 tahun 206 dan UU no.7 tahun 2017

Peningkatan SDM anggota Bawaslu pada pemilu serentak 2024 sangat di perlukan pada agar lebih profesional dalam meminimalisir penyelewengan dan penyimpangan peraturan pemilu 2024,”ujarnya.

Potensi pelanggaran dalam pemilu yang sangat banyak menuntut profesionalisme dan keseriusan seluruh penyelenggara pemilu

Potensi permasalahan pemilu serentak 2024 , bawaslu tingkat kota dan kabupaten di wilayah DKI Jakarta harus bisa menyiapkan segala sesuatunya,”pungkas Puadi.

Baca Juga  Ini 10 Lokasi Arena Cabang MTQ Ke-13 Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2021

Sementara, M Jupri selaku ketua Bawaslu DKI Jakarta dalam sambutan nya mengatakan, “Pemilihan umum serentak 2024. Kesiapan Bawaslu dalam pemilu serentak 2024.
27 November 2024 pilkada serentak, untuk pemilu Presiden masih dalam perdebatan, KPU sudah kasih usulan 28 Februari 2024, Kemendagri usulkan 15 Mei 2024.” KPU yang menentukan tanggal pemilu tapi bisa menerima usulan,”katanya.

Bawaslu sepakat usulan KPU Pileg tanggal 28 Februari 2024.
Tanggal 06 Oktober 2021 akan di bahas dalam RDP di komisi II DPR RI.” Dengan beririsan tahapan antara pemilu legislatif dan pilkada, Bawaslu harus menyiapkan diri.” Ia mengatakan Beda dengan penanganan pelanggaran pemilu, pileg 14 hari, pilkada 5 hari
Pemilu hari kerja dan Pilkada hari kalender. Oleh karena nya selaku penyelenggara pemilu mari kita persiapkan diri kita,”ujarnya.

Acara ini mengikuti protokol kesehatan, dengan memakai masker, jaga jarak dan di siapkan juga hand sanitizer di meja.

Dan acara ini ikuti oleh jajaran komisioner Bawaslu DKI Jakarta, ketua dan divisi penanganan pelanggaran pemilu bawaslu kota se DKI Jakarta , staf bawaslu DKI Jakarta,Vote R Indonesia Provinsi DKI Jakarta ,Forum Masyarakat 78 Provinsi DKI Jakarta, unsur masyarakat dan media.

Penulis : Nur Azizah

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here