Wabup Sukabumi Sebut Pengelolaan BMD Harus Dilakukan Secara Profesional

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) terus berupaya melakukan perbaikan dalam hal pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Terlebih, pengelolaan BMD memiliki dasar hukum yang kuat, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri No 19 Tahun 2016.

Untuk menguatkan hal itu, BPKAD Kabupaten Sukabumi selaku penanggung jawab pengelolaan BMD menyelenggarakan diseminasi Permendagri tersebut kepada seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Cibadak, Senin (27/9/21). “Secara praktis pengelolaan BMD meliputi 3 fungsi utama, yaitu perencanaan yang tepat, pelaksanaaan atau pemanfaatan secara efisien dan efektif, serta aspek monitoring,” terang Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri.

Dalam diseminasi yang menghadirkan Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah pada BPKAD, Dwi Agus Sulistyo, Plt Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Taufik Gumilar, dan Kepala Kejaksaan Negeri Cibadak, Bambang Yunianto, sebagai narasumber tersebut.

Iyos menjelaskan, pengelolaan BMD harus dilakukan secara profesional, akuntabel, serta memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat. “Pemahaman dan kapasitas sumber daya manusia-nya perlu terus ditingkatkan supaya pengelolaan BMD dilakukan secara baik. Juga berprinsip pada transparansi informasi dan tertib administrasi oleh setiap perangkat daerah. Jangan sampai aset daerah dibiarkan dan tidak tertib administrasinya,” tandasnya.

Penulis : Rusdi

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Berikut Rincian Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2020 di Kota Tasikmalaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here