Remaja dan Anak-anak di Desa Pasawahan Antusias Ikut Latihan Seni Budaya Tradisional Pencak Silat Cimande

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Setiap hari Minggu, di lapangan Kampung Pasawahan Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi di gelar rutin, olah raga seni tradisional Pencak Silat Cimande.

Menurut Ketua Pencak Silat Cimande cabang Lengis, Agus Setiawan, niatnya adalah melestarikan seni budaya asli Sunda yaitu Pencak Silat Cimande.
“Alhamdulillah antusias masyarakat disini sangat tinggi untuk mengikuti latihan pencak silat,” kata Agus didampingi Ustad Herdiyana,SK kepada FokusPriangan.id, Minggu (26/9/21).

Setidaknya, ucapnya, baru saja dibuka di Pasawahan, sudah ada sekitar 60 murid baik laki-laki maupun perempuan.
Seni Pencak Silat Cimande tujuannya adalah membentuk karakter murid agar sesuai dengan normal dan agama.
“Sebelum latihan dimulai, para murid diwajibkan mengucapkan telok atau janji Cimande, yaitu supaya murid taat dan patuh pada orangtua, pada Allah SWT, Nabi dan Rosul,” jelas Agus.

Dia mengaku belum mempunyai nama untuk perguruan pencak silat Cimade yang baru saja di buka di Pasawahan ini. “Tapi Pencak Silat ini mempunyai gerakan dasar Cimande,”ujarnya.

Diberharap seni budaya tradisional ini maju dengan pesat di tanah air Indonesia tercinta ini. “Meski ada olah raga dari luar negeri sana, tetapi cintailah budaya tradisional sendiri,” tandasnya.

Penulis : Rusdi

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  UPTD Pendidikan Kec.Pagerageung Gelar Pembinaan Personal Pegawai Dan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here