Paguron Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura (SPS) Cabang Kampung Jati Siap Cetak Atlit Pencak Silat Yang Berprestasi

0

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Olahraga Pencak Silat sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak melindungi diri sendiri baik secara fisik maupun psikis.” Andi selaku ketua cabang mengatakan ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh anak-anak belajar beladiri Pencak Silat.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti latihan pencak silat. Karena dapat meningkatkan kemampuan fisik dan motoriknya, Kemampuan fisik dan motorik dalam pencak silat menggunakan kekuatan otot dan refleks agar dapat menyalurkan gerakan dengan tepat berbentuk teknik-teknik tangkisan tangan, tendangan serang kaki, dan gerakan langkah, seperti jalan, lari, push up, sit up dan lain sebagainya,” ucapnya Andi.

Ia menambahkan, hal ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan fisik dan motoriknya agar lebih kuat, trengginas, dan cekatan sehingga anak tidak mudah sakit dan dapat berkembang dengan maksimal.

“Selain itu gerakan memukul, menendang, melompat, dapat melatih otot-otot dan gerak motorik anak menjadi lebih optimal. Koordinasi gerak tangan dan kaki anak akan semakin cepat dan tangkas. Hal ini dikarenakan dalam pencak silat semua gerakan-gerakan tangan dan kaki menggunakan tehnik, sehingga motorik anak menjadi terlatih dan sigap di saat merespon tindakan orang lain,” imbuhnya.

Menurut Andi, Alhamdulilah, antusias anak-anak untuk belajar Pencak Silat di Kampungnya ternyata sangat tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya anak-anak yang mengikuti latihan tersebut.” Latihan Pencak Silat ini sudah berjalan kurang lebih tiga bulanan dan digelar setiap satu minggu dua kali. Melihat dari semanggat, ketekunan dan kegigihan yang mereka punya dalam belajar, kami merasa termotivasi dan yakin Kampung Jati ke depan dapat mencetak generasi – generasi berprestasi di bidang Pencak Silat. Kami juga berterimakasih kepada pelatih, pengurus pusat Paguron SPS terutama kepada dewan Guru,”ujarnya.

Baca Juga  214 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak di Kab.Garut Resmi Dilantik Oleh Bupati

Ia berharap, dengan kegitan seperti ini dapat mengenalkan dan menumbuhkan rasa kecintaan generasi muda kepada Seni Beladiri Pencak Silat,” Semoga kegiatan ini bisa menghidupkan seni budaya lokal di Kampung Jati,”tutupnya.

Penulis: Aan.SGT

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here