Sebelas Orang Warga Desa Mekarsari Mengikuti Tes Akademisi Penjaringan Dan Penyaringan Perangkat Desa

0

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur menggelar Tes Penjaringan dan Penyaringan calon Perangkat Desa. Dalam pelaksanaannya pihak panitia bekerjasama dengan Universitas Suryakancana, bertempat di Aula Kantor desa Mekarsari, Sabtu (25/09/21).

Peserta yang mengikuti test berjumlah 11 orang, terdiri dari 5 orang perempuan dan 6 orang laki-laki, yang akan memperebutkan satu jabatan perangkat desa yang kosong.

Sebelas orang peserta ini telah melewati tahapan-tahapan proses penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa, mulai dari pendaftaran dan seleksi berkas.

Pembukaan acara ini di hadiri oleh perangkat desa Mekarsari, LPM, BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, perwakilan dari Kecamatan Cianjur, MUI serta tim penjaringan dan penyaringan perangkat Desa.

Ketua tim penjaringan dan penyaringan Perangkat Desa, Cecep Mulyadi mengatakan,” momentum pengisian jabatan perangkat desa di Desa Mekarsari bukan karena untuk mendapatkan profesi, namun tujuan utamanya untuk menjaring perangkat desa terbaik dari yang baik, agar dalam melayani masyarakat bisa lebih baik pula. Yang terpenting dalam jabatan perangkat desa adalah, berdasarkan sistem berbasis profesionalitas, dan ke depan bagaimana mempertanggung jawabkan kerja dan kinerja kita,” kata Cecep.

“Cecep mengajak seluruh peserta seleksi calon perangkat desa agar dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya serta menunjukan kualitas dan kemampuan yang terbaik, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang terbaik pula. Dalam tes tertulis ini Pengetahuan Umum peserta dihadapkan dengan 100 soal, dan dapat dikerjakan dalam waktu 120 menit,” tutur Cecep.

Sementara Nandang Hendrayana yang memberikan ujian tes komputer menerangkan,” peserta tes diminta untuk membuat sebuah dokumen berupa surat resmi, surat undangan serta sebuah tabel dalam Microsoft ofice. Tujuan tes komputer ini, agar semua peserta benar-benar menguji kemampuan diri mereka dalam mengoperasikan komputer baik word, excel serta power ofice. Karena kemampuan mengoperasikan komputer mutlak harus dikuasai oleh seorang perangkat desa, mengingat saat ini hampir semua jenis pekerjaan khususnya dalam bidang pemerintahan desa, tidak pernah lepas dari yang namanya komputer, sehingga para calon harus benar-benar menguasai komputer,” terang Nandang.

Baca Juga  Untuk Memutus Mata Rantai Covid-19, Kecamatan Cihaurbeuti Laksanakan Vaksinasi Serentak

Di tempat yang sama, Ujang Rahmat, S.Pd selaku kepala desa Mekarsari menambahkan,” Kami selaku pemerintah desa membutuhkan perangkat desa yang benar-benar berkualitas, sehingga nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah desa, dan bisa membek up keluhan-keluhan warga. Karena selama ini permasalahan yang dihadapi pemerintah desa dengan warga cukup komplek,” imbuhnya.

“Lanjut Ujang, walaupun dilihat dari usia para peserta ini kurang matang, tapi karena semuanya Sarjana, saya yakin dengan ilmu yang mereka dapat dari kampus, tentunya dapat menghadapi semua persoalan yang akan dihadapi nanti,” pungkas Ujang.

Kontributor : Najib

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here