Kajian Jumat Subuh Masjid Alfalah Parakanpanjang Tasikmalaya

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Kata Rasululloh Salallohu Alaihi Wassalam, Barang siapa mendapatkan keuntungan luar biasa besar adalah yang datang ke masjid sebelum subuh terus melakukan itikaf hingga Israf dan Shalat 2 raakat, dilanjutkan dengan Shalat Subuh berjamaah.

Dalam Tausiahnya, Ustad Ade menyampaikan, Barang siapa datang awal Pada Shalat Jumat dan menempati shaf pertama, maka pahalanya seperti Qurban Unta, Shaf ke dua Sapi, Shaf ke tiga Domba/Kambing, sedang di Shaf ke empat dan seterusnya tidak disebutkan, Ustad Ade meng ilustrasikan di Shaf tersebut, seperti mendapat pahala sebesar telor cicak (dalam bahasa sunda Telor Cakcak).

Hal itu dikatakanya di Kajian Jumat Subuh rutin kepada Jamaah Masjid Alfalah Kp. Parakanpanjang, Ds Sukamanah Kec, Cigalontang Tasikmalaya, Jumat, (24/9/21).

“Apalagi dilanjutkan dengan Ikut pengajian (Tholabul Ilmi), Niscaya akan mendapatkan pahala seperti orang naik haji hajjahtamah, haji yang sempurna” Tausiyahnya.

Ia juga mengatakan, Bahwa Sayangnya Alloh lahir batin, jadi tak berarti dengan memiliki banyak harta saja, namun ketika diuji dengan kemiskinan pun merupakn suatu nikmat.

“Karena, belum tentu orang yang memiliki banyak harta akan Ta’at kepada Alloh SWT dan mampu berbuat kebaikan, sebaliknya orang miskin tapi Ta’at serta mampu berbuat kebaikan dan bermanfa’at buat orang lain, Maka, Itulah yang disebut Nikmat Iman” Ucapnya.

Dalam riwayat, Ada seorang Romawi datang ke Mekah dan iya kaya raya, Kemudian datang Nabi Muhammad SAW, menyampaikan Agama Islam, Saat itu juga Ia masuk Islam dan Ia pun turut hijrah dari Mekah ke Madinah, meski di perjalanan mendapatkan perampasan harta benda dari Orang-orang Kafir Qurais yang tak rela harta bendanya di bawa ke Madinah, namun dengan ke Imanan dan perintah agama, Si Romawi rela menyerahkan semua harta bendanya, asalkan bisa Hijrah ke Madinah, meski setelah di Madinah ia rela jadi seorang hamba sahaya.

Baca Juga  Mantan Manajer CU Tanggapi Santai Berita yang Mengungkit Keuangan CUFC

Kemudian, Utadz Ade Suryaman melanjutkan Kajian “Qur’an surat Al -Ikhlas”

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ 
“Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa.”
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 1)

اَللّٰهُ الصَّمَدُ
“Allah tempat meminta segala sesuatu.”
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 2)

لَمْ يَلِدْ ۙ وَلَمْ يُوْلَدْ 
“(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.”
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 3)

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ
“Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 4)

“Ketika Alloh memberikan bantuan dan pertolongan, sama sekali tidak ada yang membantu, melainkan Sendiri”

“Jangan sampai mengandalkan ke manusia bahkan sekalipun manusia tersebeut seorang (Presiden) karena ia juga manusia” ucapnya.

Kepada seluruh jamah, Ustadz mengajak agar melakukan Shalat malam, meminta langsung kepada Alloh SWT manakala sedang di uji. Begitulah seharusnya, tidak boleh curhat tau mengeluhkanya kepada manusia.

“Maka harus meminta langusung kepada Alloh melalui shalat malam, dengan shalat Insya Alloh akan di dengar Allah SWT” katanya

Lanjut Ustad, Dalam ilmu fikih hal itu di sebut Don, cerita manusia yang bersifat perkiraan semata, bisa 50.50, Akan tetapi Kalau datang dari Alllah SWT adalah pasti Ilmu.

Di penutup kajian, Utadz menjabarkan ayat ke 4 Surat Al-Ikhlas, “Seperti, Panas karena Alloh, air dingin Karena Alloh, termasuk yg memberikan kesehatan, bukan karena kita makan nasi tetapi karena Alloh lah yang memberikan kita kuat dan sehat, karena mahluk tak bisa memberi kekuatan, kesehatan, tapi hanya Alloh SWT lah semua itu, jadi Doa-doa kita pun tergantung kepada Alloh SWT. Tutupnya.

Penulis: Bahtiar Rifa’i

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here