Wali Kota Tasikmalaya Membuka Acara SKD Dan Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai ASN

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Salah satu visi Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode tahun 2019-2024 yaitu pembangunan Sumber Daya Manusi (SDM), visi ini diharapkan akan mendorong Indonesia lebih produktif, berdaya saing dan fleksibel dalam menghadapi tantangan global yang dinamis dan penuh resiko.

Ini yang disampaikan Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf saat sambutannya di acara Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun 2021 yang digelar di Gedung Restu Sky Stimik Tasikmalaya Kampus B Jalan RE Martadinata No 272 A Kota Tasikmalaya, Senin (20/9/21)

Oleh sebab itu kita harus mencari sebuah model baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam mencari solusi dari setiap masalah dengan inovasi-inovasi perubahan yang sangan pundamental dalam tata kelola Pemerintahan atau yang kita kenal dengan sebutan reformasi birokrasi.

Salah satu area perubahan dalam reformasi birokrasi adalah penataan sistem manajemen aparatur, yang di fokuskan terhadap peningkatan kinerja pegawai, promosi secara terbuka, dan rekruitment calon pegawai ASN. Sistem rekruitment calon pegawai ASN saat ini dilaksanakan dengan prinsip terintegrasi, transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif dan bebas dari praktek-praktek KKN.

Implementasi dari hal tersebut, yaitu melalui metode Computer Assisted Test (CAT) yang telah dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara. Sistem CAT ini merupakan sistem rekruitment pegawai yang sangat terbuka dan transparan, mengingat salah satu keunggulan metode ini adalah para peserta test maupun publik langsung mengetahui skor nilai masing- masing pada saat maupun setelah selesai pengerjaan test. Sistem tes seperti ini jelas tidak akan bisa direkayasa sebab sistem aplikasi komputer yang akan langsung memeriksa jawaban para peserta. Sistem CAT ini pula merupakan penerapan secara nyata sistem merit dalam manajemen ASN khususnya dalam proses rekruitment.

Baca Juga  Tugas di Tengah Pandemi Covid-19, Bagi Ferry dan Ikbal Tak Menyurutkan Sedikitpun Untuk Menyelesaikan Pekerjaan

“Melalui kegiatan seleksi yang akan kita laksanakan mulai hari ini saya yakin akan menghasilkan talenta-talenta terbaik tidak hanya cerdas dan mampu berinovasi namun memiliki jiwa hospitality dan jiwa melayani. Karena ASN pada hakikatnya adalah abdi negara dan abdi masyarakat,” tandasnya (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here