Warga Desa Puser Kebanjiran Diduga Akibat Proyek Sodetan Sungai Ciujung

0

SERANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Hujan deras yang terjadi beberapa hari membuat debit air Sungai Ciujung tinggi, sehingga mengakibatkan pipa saluran proyek Intak/Sodetan Kali Ciujung lama tak mampu menahan tingginya debit air, Akibatnya banjir meluas ke rumah warga Desa Puser Kecamatan Tirtayasa, kab.Serang, Selasa (15/9/21).

Agus Barja selaku ketua Rt.01 Kp.Samparwadi Desa Puser Kecamatan Tirtayasa membenarkan terjadinya banjir itu, bahkan rumahnya pun saat ini turut terkena banjir.

“Iya saat ini air sudah masuk ke rumah dan menggenangi hampir seluruh ruangan. bahkan tetangga sebelhnya saya pun tergenang air kurang lebih 30 cm” kata Agus yang dikonfirmasi, Selasa, (13/9/21).

Banjir yang menggenangi warga Samparwadi diakibatkan Pipa saluran proyek sodetan Sungai Cijung yang belum tertutup karena proyek masih berjalan.

Dari informasi yang diterima, Petugas proyek sodetan kali Ciujung terebut masih berupaya menutup saluran pipa yang menggunakan exavator yang mengarah ke kali Ciujung lama.

Hingga malam ini, beberapa rumah warga Kp.Samparwadi tergenangĀ banjir akibat luapan kali Ciujung lama yang melalui 3 Desa. Puser, Pegandikan dan Kalapian.

Genangan dengan ketinggian sekitar 30 cm terpantau di rumah warga Kp.Samparwade Rt.01 Desa Puser.

Haer memprediksi potensiĀ banjir di PuserĀ ini makin tinggi dan meluas akan terjadi apabila saluran Sodetan Kali ciujung yang telah di sodet dan dialirkan ke kali ciujung lama tidak segera di perbaiki atau ditutup, terlebih bila intensitas hujan terus menerus.

Hingga malam, Banjir yang menggenangi rumah warga setempat saat ini masih belum surut, namun kerugian belum bisa diprediksi.

“Ini banjir akibat diduga dari proyek intak/sodetan Kali Ciujung ke kali Asin (Ciujung lama) yang saat ini masih terus berjalan, biasanya tidak seperti ini, ini bener-bener ngeri apalagi kalau hujan terus menerus,” pungkasnya.

Baca Juga  Dalam Rangka Sambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442.H. Pemdes Karangmulya Gelar Pengajian Rutin Bulan

Rencananya warga yang terkena banjir akan mengamankan perlengkapan rumah ke Pasar Puaer yang berada dekat rumah warga. (Bahtiar Rifa’i)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here