Jokowi Salurkan 1500 Paket Sembako Pasca Petani Sawi di Kebonpedes Ngamuk Membabat Tanaman Sawinya

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Pasca viralnya video dan berita petani di Kebon pedes Kabupaten Sukabumi mengamuk dengan membabat tanaman sawi yang ditanam petani akibat harganya murah.

Hari ini Selasa (14/9/21) Sekretariat Kepresiden RI merespon aksi petani sawi tersebut dengan menyalurkan 1500 paket sembako kepada masyarakat Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tidak hanya paket sembako yang disalurkan dengan sasaran penerima masyarakat petani terdampak pandemi Covid-19, dikesempatan yang sama Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kementrian Pertanian memberikan bantuan alat – alat pertanian.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani menyatakan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Presiden Joko Widodo.
“Tadi saya sampaikan terima kasih kepada pak Presiden yang sudah merespon cepat keluh kesah masyarakat. Dengan turun langsung ke lapangan melihat keluh kesah Petani,” kata Dadan Apriandani kepada wartawan, Selasa (14/9/21).

Dadan mengatakan, kehadiran utusan langsung Presiden RI di Desa Kebonpedes untuk menindak lanjuti video pembabatan hasil panen pertanian yang sempat viral beberapa saat lalu.

Karena hasil panen sayuran jenis Sawi atau Caisim ini dibabat bukan karena kualitas sayuran yang dihasilkan buruk, hasil panen yang dihasilkan melimpah dengan kualitas baik namun harga Sawi dipasaran mencapai nol rupiah (tidak terjual). “Kedatangan Sekretaris Kepresidenan, menindak lanjuti video dan berita viral pembabadan lahan pertanian. Presiden Indonesia menyambut dengan baik, langsung memberikan Banpres (bantuan Presiden) berupa sembako sebanyak 1500 paket dan mesin sedot air dari Dirjen Sarpras Kementrian Pertanian,” jelasnya.

Dadan mengaku saat ini harga hasil bumi mulai merangkak naik. “Kondisi Petani saat ini sangat terbantu sekali, para petani bersyukur kepada Pemerintah dengan kebijakan yang telah diambil,” tandasnya.

Baca Juga  Terkait Kecelakaan Angkutan Umum Elf DPRD Kab. Sukabumi Akan Panggil Dishub

Dalam kesempatan ini, SKP menyempatkan diri memborong sawi dari petani untuk langsung dibawa ke Istana atas intruksi Presiden Joko Widodo. “Sawi warga tadi ada yang langsung dibeli oleh Sekretaris Kepresiden untuk dikirim ke Istana Presiden, pengen dilihat oleh pak Presiden langsung hasil pertanian masyarakat Kebonpedes,” ujarnya.

Dadan mengungkapkan, yang dibeli itu sekitar 1,2 ton. “Harapan kedepan instansi terkait mohon lebih memperhatikan Petani, apa saja kekurangan mulai dari infrastruktur, sarana prasarana pertanian, alsintan yang dibutuhkan para Petani,” tandasnya.
( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here