Warga Cigayam Sambut Baik Pemasangan Bronjong di Bantaran Sungai Ciputrahaji

0

KAB. CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Dusun Pangadegan Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis sambut baik pengerjaan proyek pemasangan Bronjong batu belah di pinggir sungai Ciputrahaji untuk atasi abrasi dan banjir.

Aripin salah satu warga Dusun Pangadegan Rt 03 Rw 02 Desa Cigayam. Kami dari warga sangat menyambut baik atas di buatnya bronjong batu belah dan merasa bersyukur sekali dengan adanya bantuan pemerinah melalui Balai Besar Wilayah Citanuy (BBWS).

Diharapkan dengan adanya pemasangan batu Berenjong ini bisa menahan erosi tanah warga dan bangunan rumah yang ada di pinggiran sungai Ciputrahaji agar kami bisa hidup tenang dan aman dari banjir akibat luapan air ungkapnya, Jumat (10/09/21).

“Lanjut Aripin, pemasangan beronjong di sungai Ciputrahaji yang ada di bantaran sungai Ciputrahaji.Karena akan mampu menahan luapan air kali dan akan mampu menahan erosi tanah dan pekarangan warga setempat dikala musim penghujan datang,”ujarnya.

Hal yang sama di ungkapkan oleh Komar Sidik wakil Ketua Karang Taruna Desa Cigayam, kami sangat mendukung sekali dengan adanya program pembangunan beronjong ini, karena sangat membatu atau menjaga kondisi di lingkungan jadi adanya manfaat agar tidak terjadi erosi dan banjir dikala musim penghujan.

“Disini sangat jelas kebutuhan masyarakat di Desa Cigayam yang notabenya ada di pinggiran sungai Ciputrahaji, tadinya kondisi sungai sudah sangat memprihatinkan posisinya pingir sudah mengikis ke pemukiman warga sekitar.

Diharapkan pekerjaan pemberonjongan ini bisa terus berkelanjutan di karnakan masih banyaknya yang harus di bangun di sepanjang aliran sungai Ciputrahaji khusunya yang sudah mendekati pemukiman warga agar masyarakat bisa merasa aman dan tenang juga mereka merasa terlindungi oleh pemerintah,”jelasnya.

“Samsul Ma,arif sebagai direktur perusahan Jabar Perkasa menjelaskan, kami dari pihak perusahaan sebelum pekerjaan di mulai sudah mengadakan soaialisai dulu dengan warga setempat dan hasilnya untuk pekerjaan ini wargapun menyambut baik semua sepakat dan setuju dengan pengerjaan pemberonjongan ini.

Baca Juga  Nanang Romli.S.IP, Anggota DPRD Kab Tasik, Fraksi PDI-P, Komisi 3 Gelar Reses Masa Sidang Ke II di Kp.Cipeuteuy

Lanjut Samsul Adapun anggaran yang di gunakan untuk pemberonjongan ini merupakan angaran APBN melalui BBWS Ciatanduy dengan jumlah  anggaran Rp192.000 dan panjang volume 49 M.

“Kami juga di dalam pekerjaan ini sudah melibatkan warga setempat untuk ikut bekerja, ini merukan salah satu bentuk bemberdayaan juga,”tutupnya. (Revan)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here