Warga Desa Sukamanah Tasikmalaya Terima BPNT Kemensos 2021

0

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah Kecamatan Ciglontang Kabupaten Tasikmalaya bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Cigalontang melakukan pengisian data Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT Kemensos RI Desa Sukamanah di Kantor Desa, Jumat, (10/9/21).

Kepala Desa Sukamanah Drs. Otong Ahmad menjelaskan, Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPTN) ini langsung dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI, yang akan dicairkan melalui E-waroeng, Desa hanya membantu mengisi data membuatkan rekening Atm untuk para penerima manfaat (PKM) yang telah terdaftar dari pusat sesuai Quota yang telah ditentukan.

“Hanya melakukan pengisian untuk pembuatan rekening dan kartu Pencairan bantuan, itupun langsung oleh petugas Bank BRI sebagai penyalur nanti. Petugas Bank nya dari BRI Cigalontang sekarangmah” tutur Otong kepada Fokuspriangan.id di Kantor Desa Sukamanah, Jumat,(10/9/202) tadi.

Untuk bantuan ini Desa Sukamanah mendapatkan sejumlah 772 KPM, Adapun dari julmalah sekian yang belum hadir sekarang, ditunggu hingga september untuk di buatkan e-waroeng atau rekeningnya. Ia juga menjelaskan, untuk bantuan ini sama sekali tidak bisa diwakilkan seperti bantuan-lainya, bahkan jika warga yang mendapat bantuan sedang berada di luar atau perantawan, wajib pulang karena tidak bisa diwakilkan.

Ditempat yang sama, Petugas BRI Unit Cigalontang (Angga) menerangkan kegiatan ini mengisi data untuk dibuatkan rekening khusus Bank BRI guna pencairan bantuan kepada KPM.

“Harus rekening husus untuk bantuan BPTN ini tidak seperti Bantuan BUPM, namun BUPM juga ada yang dibuatkan kembali rekeninf baru” kata Angga.

Sementara Ilham (35) asal warga Sindangsosno Rt. 01, saat ditanya, dirinya belum pernah mendapatkan bantuan selain BPNT ini, kecuaali dulu pernah daoat dari Ojol. Ilaham merasa syukur karena ahirnya mendaptkan juga. “Yah bersyukur sih sekarang dapat, karena sebelumya tidak” kata Ilham.

Baca Juga  Pemkot Tangsel Terapkan PPKM Darurat Mulai Besok

Otong selaku Kepala Desa Sukamanah mengingatkan kepada Warganya agar yang hari ini belum mendapatkan Rekening/e-waroeng, masih ada kesempatan ditunggu hingga September 2021. “Jadi kalau masih ada warga KPM yang belum bisa hadir di pengisian data ini, Masih di tunggu hingga september dan semoga bantuan non tunai sebesar Rp 200.000/bulan berupa barang seperti beras ini semoga bermanfaat untuk warga saya” Kata dia.

Sebagai informasi, BPNT atau Kartu Sembako adalah bantuan unggulan milik Kemensos untuk masyarakat di masa pandemi Covid-19. Periode BPNT berlangsung selama satu tahun atau dimulai sejak Januari hingga Desember 2021 mendatang. (Bahtiar Rifa’i)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here