Dalam Rangka P2WKSS Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kab. Cianjur Gelar Bimtek Peternakan Unggas

0

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Kelautan Perikanan dan peternakan Kabupaten Cianjur melaksanakan Bimbingan teknis Budidaya Peternakan Unggas di Kampung Sukamanah, Desa Mulyasari Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (08/09/21).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera ( P2WKSS ) yang tengah berlangsung di wilayah tersebut agar berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang diharapkan.

Menurut keterangan Kepala Seksi Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha Perikanan, H. Wawan menyebutkan, bahwa dalam kegiatan tersebut telah disampaikan pembinaan terkait peternakan dan perikanan, baik yang berkomuditi dari peternakan besar seperti Sapi, Domba atau kambing dan peternakan kecil seperti Unggas. Sedangkan disektor perikanan Wawan menyebutkan bahwa telah rutin disampaikan pembinaan tentang budidaya Ikan Air tawar, seperti Nila, Ikan Patin dan Mas.

Wawan mengatakan bahwa di wilayah P2WKSS tersebut juga akan ada bantuan yang sifatnya stimulan diantaranya, pemberian 136 ekor Ayam beserta kebutuhan berternaknya.

Disinggung terkait keberadaan Ikan yang kini ada pada kolam milik warga, namun terpampang spanduk Program P2WKSS, Wawan menjelaskan bahwa itu bukanlah hasil dari pemberian pihaknya, melainkan milik warga itu sendiri.

” Kami berencana akan memberikan 2000 benih ikan setelah Cek dan perbaikan kolam selesai, seiring turunnya anggaran.

Wawan menambahkan, pihaknya masih harus menunggu kolam dari kelompok yang akan mendapatkan bantuan benih ikan tersebut terisi air.

” Ikannya belum turun, nanti bersamaan dengan turunnya anggaran, kemudian nanti dilihat dari kondisi air yang sudah ada di kolam, seperti sekarang dilihat kolamnya masih kering, jadi kami sementara menunggu kolamnya diperbaiki kemudian juga tertampungnya air yang ada, nanti mungkin secara berangsur bantuan tersebut atau benih ikan akan disalurkan langsung kepada kelompok yang ada di P2WKSS ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Terkait Siswa Yang Diduga Tidak Bisa Berjalan, Humas SMK Negeri 1 Cikalongkulon Pastikan Itu Bukan Karena Vaksin

Kendati demikian meski dirinya masih menunggu kondisi kolam dan harus mengeceknya, namun ia telah dapat menyimpulkan bahwa wilayah Desa Mulyasari adalah Wilayah yang Cocok untuk membudidayakan Ikan Nila.

“Kenapa Ikan Nila? Karena dilihat dari habitasinya Ikan Nila lebih cocok untuk dikembangkan di Wilayah Desa Mulyasari ini,” ujarnya. (Andri.S)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here