Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasik Gelar Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Khusus

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya bertempat di Perpustakaan Umum Kota Tasikmalaya Jalan Otista no 4 mengadakan Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Khusus,Rabu (8/9/21).

Kasi Layanan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya Alia Puspa Dewi menuturkan Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Khusus yang dilaksanakan melalui kegiatan layanan bercerita (storytelling).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamansari Tasikmalaya yang berjumlah sekitar 50 orang. Dimana para siswa yang dari SLB Negeri Tamansari ini ada yang dari Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Daksa, Tuna Grahita, Tuna Laras.

Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan, tapi kegiataan saat ini kita laksanakan kepada penyandang disabilitas. Karena mereka ini para penyandang disabilitas juga berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama untuk mendapatkan keadilan dan kesejahteraan.

Adapun maksud dan tujuan digelarnya kegiatan ini yaitu sebagai sarana untuk mempromosikan Perpustakaan Umum Kota Tasikmalaya kepada masyarakat, untuk meningkatkan gerak motorik mereka, untuk meningkatkan kecerdasan, untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca di Kota Tasikmalaya dan bisa menumbuhkan kecintaan kepada buku.

Kalau untuk mendongeng dan bercerita itu kan sumbernya dari buku, jadi otomatis mereka akan mencari dan menggali sumber-sumber untuk bisa diceritakan kepada anak-anaknya.

“Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, Perpustakaan Umum Kota Tasikmalaya diakuinya mendapat bantuan untuk yang Tuna Netra ada buku buku berhuruf Braille, memang belum lengkap. Yang tersedia di Perpustakaan Umum ini baru Al Qur’an 30 Juz, Hadits dan cara-cara memijat,” katanya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Tim Vaksinator PKM Mangkubumi Laksanakan Vaksinasi Kepada 100 Warga Kel. Cipawitra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here