Plt Wali Kota Tasikmalaya Membuka Pelatihan Pengembangan Kapasitas dan Kualitas SDM Perkoperasian

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di salah satu Gedung pertemuan yang berada di salah satu Hotel, Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Pengembangan Kapasitas dan Kualitas SDM Perkoperasian melalui pelatihan bagi pengurus Koperasi di daerah dan pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan organisasi dan usaha Koperasi Mahasiswa, Minggu (5/9/21).

Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menjelaskan tantangan baru yang di hadapi oleh dunia perkoperasian tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang dinamis.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Koperasi,UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya pada bulan Agustus 2021 jumlah Koperasi ada sebanyak 625 yang terdiri dari 301 Koperasi aktif dan 324 Koperasi tidak aktif.

Dari 301 jumlah Koperasi aktif ada 187, dan juga telah memiliki Sertifikat Nomor Induk Koperasi. Hasil pengawasan kelembagaan dan kepatuhan terhadap Undang-indang Koperasi terhadap Koperasi-koperasi yang ada di Kota Tasikmalaya diperoleh persentase Koperasi sehat 8%.

Karena situasi saat ini yang masih Pandemi Covid-19 ada Koperasi yang menjadi tidak sehat, hal ini mungkin ada anggota yang mundur, kemudian hasil dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi itu juga sangat berpengaruh dari pendapatan yang di dapat,sehingga mengganggu terhadap Cashflow yang ada pada mereka, kalau sudah terganggu cashflownya kan otomatis tingkat kesehatan Koperasi itu juga terganggu. Kita berupaya memberikan bantuan secara moril, seperti kegiatan saat ini, hal ini agar mereka bangkit kembali, punya inovasi dan motivasi ke depannya.

“Apalagi saat sekarang memakai sistem digital, mereka pun harus ikuti, jangan tradisional saja Koperasi itu,” jelasnya. (H.Amir)

Baca Juga  Peduli Nakes Covid-19, Kapolres Tanjung Balai kunjungi Ruang Isolasi dan Berikan Bansos
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here