Lagi Ratusan Warga Alami Keracunan Massal Akibat Hidangan Hajatan Pernikahan di Purabaya

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Keracunan massal  lagi-lagi kembali dialami warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Setelah menyantap hidangan hajatan pernikahan di Kampung Ojok Desa Purabaya, ratusan warga Kecamatan Purabaya sejak Sabtu (4/9/21) malam, mengalami gejala keracunan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari P2BK Purabaya dari pukul 22.30 WI8 hingga Minggu dini hari pukul 04.00 WIB, ada 121 warga terdata yang mengalami gejala keracunan.

Mereka berasal dari sejumlah kampung dan desa di Kecamatan Purabaya dan sekitarnya, yaitu Desa Purabaya; kampung Babakan Sirna 25/10, Pojok 24/10, Pojok 25/10, Pojok 26/10; Kampung Cimerang Hilir Desa Cimerang dan kampung Parakan Telu  Desa Bojong Tipar. “Para pasien mengeluh keluhan BAB terus menerus, muntah disertai dengan pusing dan sakit kepala. Keluhan dilaporkan tak lama setelah mengkonsumsi makanan dari acara pernikahan di rumah salah seorang warga di Kampung Pojok Desa Purabaya,” jelas P2BK Purabaya, Yanto Prayetno, Minggu (5/9/21).

Menurut Yanto, semua warga yang mengalami gejala keracunan tersebut, ada yang ditangani di rumah dan juga diantar ke PKM atau puskesmas Purabaya untuk mendapatkan penanganan medis, dengan diberi cairan Infus dan lainnya. “Ada lebih dari 82 orang yang dibawa ke puskesmas, dan sebagian Minggu pagi ini sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala puskesmas Purabaya Aden Aulia Rahman membenarkan peristiwa keracunan massal tersebut. “Betul, tadi malam ada warga dengan keluhan pusing,mual, dan lemas sekitar 121 orang yang masuk ke puskesmas,” kata Aden kepada wartawan, Minggu (5/9/21).

Dia mengatakan sampai saat ini sampel makanan, air, dan jenis apapun tengah diperiksa di laboratorium. Dari data yang semula ada 12i orang yang mengalami keluhan pusing, mual dan lemas hingga pagi ini berangsur menurun sekitar 17 orang yang masih di Puskesmas. “Pagi ini kami membuka posko di lokasi perkampungan yang tak jauh dari lokasi rumah pemilik acara,” tandasnya. ( Rusdi )

Baca Juga  Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Banjar Bersama Forkopimda Tanam Pohon Serentak di Lahan Lapas Kelas IIB Banjar
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here