Camat Jamanis Buka Acara Gebyar Serbuan Vaksin Oleh Koramil 1205/Rajapolah di Madrasah Aliyah Assa’adah

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Koramil 1205/Rajapolah Kodim 0612/Tasikmalaya bekerjasama dengan Madrasah Aliyah Assa’ adah Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, gelar serbuan vaksinasi Covid 19 massal dosis tahap satu. Dalam rangka percepatan untuk membentuk herd immunity pada lingkungan sekolah, bertempat di halaman Sekolah MA Assa’ adah, Selasa (31/8/21).

Camat Jamanis Winardi Hidayat , S.IP, M.Si, mengungkapkan, Alhamdulillah ini dari kesadaran pihak Yayasan Assa’adah yang memang siswa sebanyak di atas empat ratus orang, mengajukan permohonan ke pihak Kodim 0612/Tasikmalaya, untuk dilaksanakan vaksinasi bagi seluruh siswa. Dan Alhamdulillah dari pengajuan nya dikabulkan mendapatkan vaksin.

“Sesuai pengajuan kuota yang di berikan malah lebih dan Insya Allah lebihnya akan diberikan kepada masyarakat disekitar yang memang menginginkan untuk divaksin,”ucap Winardi Hidayat kepada fokuspriangan di sela kegiatan vaksin.

Winardi mengatakan, Pemerintah sedang gebyar dalam rangka pelaksanaan vaksin untuk siswa, karena memang akan melaksanakan tatap muka walaupun hari ini kita sudah melaksanakan tatap muka dengan aturan 50 persen masuk dan 50 persen Daring.” Mudah mudahan dengan vaksin ini kita berharap harus semua divaksin para siswa dan ke depan siswa kalau sudah di vaksin tahap kedua Insya Alloh tatap muka bisa 100 persen bisa dilaksanakan,”katanya.

Memang kalau semua, sebut Winardi, siswa sudah di vaksin mudah-mudahan penyebaran di satu sekolah itu tidak ada. Bagi masyarakat umum kurang lebih sekitar 20 persen sudah dilaksanakan sampai hari ini, termasuk para siswa siswi pesantren yang memang sudah dilaksanakan kurang lebih 50 persen.” Tentu nya untuk target masih minim karena kita targetkan sampai Desember mudah-mudahan bisa mencapai minimal 70 persen. Bupati Tasikmalaya menargetkan supaya memaksimalkan masyarakat divaksin, makanya kita tentunya dengan Muspika sudah bekerja keras. Mudah-mudahan minimal dengan gebyar vaksin baik di pesantren maupun di sekolah-sekolah sehingga bisa memberikan informasi kepada keluarganya bahwa siswa itu sudah divaksin tidak sakit tidak ada efek apapun dan Insya Allah tidak menyebarkan,”ujarnya.

Baca Juga  Razia Gabungan, Dua Tempat Hiburan Malam Disegel

Sementara, Danramil1205/Rajapolah, Kapten Inf. Agus Heriyanto menerangkan, pelaksanaan vaksin ini memang program dari TNI serbuan vaksin dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk sasaran bagi pelajar dan Alhamdulillah untuk wilayah Kecamatan Jamanis di laksanakan di sekolah MA Asa’adah Jamanis.

“Program vaksin bagi pelajar ini akan berlanjut seterus nya, mencari sasaran – sasaran sekolah yang belum melakukan vaksinasi di wilayah Kecamatan Jamanis,” ucap Agus Heriyanto.

Agus mengatakan, kami himbau untuk sekolah atau pesantren yang belum melaksanakan agar supaya segera melaporkan ke Puskesmas masing-masing, karena dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya sudah menyiapkan vaksin bagi pelajar juga.

“Apalagi sekarang dari Pemerintah ada wacana atau sudah dimulai tatap muka, alangkah baiknya kalau semua siswa sudah melaksanakan vaksin untuk tahap pertama,”katanya.

Lanjut Agus, kalau kami tergantung nanti liat dari permintaan pihak sekolah, kemarin untuk SMPN 1 Jamanis, sudah menghubungi kami dan sudah membuat surat pengajuan permohonan vaksin.” Koramil akan segera mendata terlebih dahulu berapa jumlah siswa nya, dan pihak sekolah di minta untuk mengumpulkan Kartu Keluarga (KK) para muridnya.

Ia menambahkan, tapi sasaran kami bukan di wilayah Kecamatan Jamanis saja termasuk di Kecamatan Rajapolah, yang penting di bawah Koramil 1205 / Rajapolah. Para anggota yang terlibat rata rata sebelum pelaksanaan program ini anggota sudah di latih untuk di bidang IT, terutama di pendaftaran sehingga langsung masuk ke aplikasi, yang langsung masuk ke daftar yang telah di vaksinasi Puskesmas Kecamatan.Pihak TNI hanya menyiapkan vaksin, untuk melaksanakan suntik nya dari pihak Puskesmas Jamanis. Untuk jenis vaksin yang di gunakan jenis sinovac,”tandasnya.

Sementara ditempat sama Kepala MA Assa’adah Drs. H. Wawan Mufti Ridwan, M.Si., mengungkapkan, Alhamdulillah pada hari ini Selasa 31 Agustus 2021, bisa dilaksanakan gebyar vaksin covid 19 di sekolah MA Assa’adah bagi siswa siswi dan para santri Assa’adah.” Kami ucapkan terimakasih kepada Muspika Jamanis diantaranya Camat Jamanis, Danramil 1205 /Rajapolah, Kapolsek Jamanis, Kepala KUA Jamanis dan seluruhnya yang telah mensupport kegiatan ini. Terutama kepada TNI yang telah menyediakan fasilitas vaksin kemudian menyediakan tenaga medisnya. Kepada UPTD Puskesmas Jamanis melalui Kepala Puskesmas Jamanis, yang mana telah menyediakan tim medis dokter dan Nakes untuk suksesnya acara ini,” katanya.

Baca Juga  Hari Ini, 7 Pemakaman Dilaksanakan Tim Prokes Pemakaman Kota Tasikmalaya

Wawan mengatakan, mudah-mudahan menjadi amal Sholeh bagi semuanya dan menjadi salah satu ikhtiar yang maksimal, supaya anak- anak kita ataupun para siswa siswi dan santri sehat tidak terpapar virus covid-19,”ujarnya.

Sebelum beberapa hari, sebut Wawan, kita koordinasi ke Kapolsek, Danramil dan Camat, kebetulan yang sedang ada vaksin di TNI. Maka kita tiga hari yang lalu membuat surat pengajuan permohonan vaksin ke Pak Dandim Tasikmalaya dan Alhamdulillah dua hari kemudian bisa terealisasikan. Tak lupa kami ucapan kepada yang terhormat pak Dandim Tasikmalaya yang telah merespon ini dengan begitu cepatnya.

Lanjut Wawan, kita mengajukan permohonan vaksin sebanyak 473 orang, tapi sebelas orang yang sudah di vaksin diantara nya Paskibraka 4 orang dan kemungkinan ada anak yang hari ini tidak layak divaksin. Maka kami menyediakan beberapa cadangan dari masyarakat sekitar ada Masyarakat yang sudah ada 6 orang ikut daftar hari ini sebagai cadangan, karena mubazir kalau vaksin dibawa lagi sisa mending habiskan disini.” Keuntungan vaksinasi di sekolah Insya Allah anak-anak kita atau Masyarakat yang ikut vaksin pertama, dan vaksin kedua nantinya juga disini tidak usah jauh jauh. Sehingga proses KBM benar-benar dilaksanakan secara 100 persen tatap muka. Ia berharap, mudah-mudahan semua lancar sehat kalau ada keluhan pusing pas divaksin kita juga menyediakan ruangan paskah vaksin dan bisa ditangani oleh dokter,” pungkasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here