Bagian Pemerintahan Kab.Tasikmalaya Monitoring dan Evaluasi Bantuan ADD Tahun 2021 di Wilayah Kecamatan Jamanis

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021. Seluruh desa di Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, yang berpusat di gedung serbaguna Desa Tanjungmekar Kecamatan Jamanis, Rabu (01/09/21).

Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Tasikmalaya Zaenal Furqon mengungkapkan, monitoring dan evaluasi Bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahunnya dilaksanakan, pada tahun ini sifatnya jemput bola.

“Pada hari ini di wilayah kecamatan Jamanis, menghadirkan seluruh desa yang berjumlah 8 dan di pusatkan di gedung serbaguna Desa Tanjungmekar,” ujar Zaenal Furqon kepada fokuspriangan.id di sela kegiatan.

Furqon mengatakan, monitoring dan evaluasi ini, terkait bagaimana penata kelolaan keuangan yang sumbernya dari ADD, apakah sesuai atau tidak semuanya karena punya juknis. Alhamdulillah tidak ada kendala.”Nanti terkait dengan akan beralihnya desa langsung ada Dinas yang menanganinya, jadi kami tidak monitoring lagi dan kami hari ini sekalian sosialisasi itu,”ucap Furqon.

Lanjut Furqon, nantinya pemerintah desa di monitoring itu langsung oleh pihak Inspektorat, BPK, Provinsi dan Irjen langsung setelah Dinas, untuk sekarang masih ada di Sekda. Kami mengingatkan bulan besok kemungkinan Pemdes sudah jadi Dinas,”katanya.

Ia berharap, adanya satu kesepahaman pengelolaan dalam keuangan di setiap desa kabupaten Tasikmalaya, sehingga hal hal yang sifatnya menjadi kendala-kendala di pemerintah desa itu sudah seluruhnya tidak menjadi kendala-kendala.”Karena sudah mengacu kepada juknis yang sudah diberikan melalui Perbup,” tuturnya.

Sementara Camat Jamanis Winardi Hidayat, S.IP, M.Si, mengatakan,
Hari ini kita kedatangan dari bagian Pemdes kabupaten Tasikmalaya , terkait Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan Bantuan Alokasi Dana Desa (ADD), di setiap desa wilayah kecamatan Jamanis,”ucap Winardi Hidayat.

Baca Juga  Kemenag Kota Tasikmalaya dan DPD PGM Bekerjasama Dengan Polres Tasikmalaya Kota Gelar Class Inspiratif Polwan Mengajar di Madrasah

Aparatur Desa bahwa ini, sebut Winardi, dari bagian Pemdes Kabupaten Tasikmalaya itu, melihat potret sejauh mana gambaran pelaksanaan terutama dalam hal pengelolaan administrasi keuangan selama ini.” Dan kami pihak Pemerintah Kecamatan sudah melakukan pembinaan terutama dalam administrasi dan pengelolaan keuangan, jadi setiap tahun kami selalu melaksanakan pembinaan terutama pembinaan aparatur desa dan administrasi desa termasuk didalamnya pengelolaan keuangan desa,”kata Dia.

Lanjut Winardi, dengan harapan nya justru dengan adanya Monitoring dan Evaluasi, dan semakin banyak Evaluasi dari pihak-pihak luar di harapkan kinerja kita, hasil kita lebih baik dan lebih sesuai dengan aturan yang berlaku sesuai juklak juknis.

” Serta diharapkan sehingga tidak lagi ada kesalahan-kesalahan dalam hasil pekerjaan. beda dengan nanti kita menghadapi pemeriksa yang sebenarnya oleh Inspektorat, BPK dan sebagainya. Justru ini sebagai tahap awal dalam rangka pembenahan hasil yang baik, jadi ketika pemeriksaan yang nyata sudah ada kita sudah siap,”imbuhnya Winardi.

Ditempat sama Kepala Desa Tanjungmekar Ade Lukman Hakim menambah, kami menyambut baik dengan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi yang di laksanakan oleh bagian Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya”, kata Ade Lukman Hakim.

Ade mengatakan, menghadirkan
Sekdes dan bagian Keuangan Desa dan berharapan supaya meningkatkan wawasan kinerja yang lebih baik, untuk semua,” pungkasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here